Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Medan, Sumatera Utara, berkolaborasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menggelar pelatihan Fundamental Cyber Security (keamanan siber mendasar) bagi ASN di lingkungan Pemkot Medan.

"Ini untuk peningkatan kompetensi SDM (sumber daya manusia) pemerintah daerah melalui pelatihan Cyber Security Fundamental," ucap Sekretaris Dinas Kominfo Kota Medan M Agha Novrian di Medan, Sumut, Selasa.

Pelatihan ini, lanjut dia, akan berlangsung selama tiga hari pada 24 - 26 Oktober 2023 di aula Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Medan.

Agha mengatakan keamanan siber memiliki peran yang sangat penting dewasa ini dengan kemajuan teknologi informasi, dan ketergantungan terhadap jaringan internet.

"Dengan adanya pelatihan keamanan siber mendasar ini diharapkan dapat memberi pengetahuan bagi ASN, terkait keamanan digital di setiap perangkat daerah," katanya.

Pihaknya berharap ASN di lingkungan Pemkot Medan memiliki keterampilan, terutama dalam mendeteksi kerentanan sistem dan mengatasi terjadi penyerangan siber lewat pelatihan ini.

 


 

"Untuk itu, para peserta pelatihan diharapkan dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik," papar Agha.

Ketua Rombongan BSSN Muhammad Machbub Rochman dalam sambutannya mengatakan kejahatan dunia siber hingga kini masih menjadi ancaman serius bagi bangsa Indonesia.

Setiap tahun, beber dia, jumlah kasus siber terus bertambah yang memberikan dampak negatif bagi pemilik aset maupun instansi pemerintah.

"Kasus yang marak terjadi adalah kebocoran data. Kasus ini membuat tingkat kepercayaan masyarakat terhadap instansi pemerintah mengalami penurunan," katanya.

Pihaknya menyebut guna menyikapi berbagai ancaman siber itu, maka keamanan siber menjadi priorita BSSN dalam memberikan keamanan layanan data seluruh masyarakat Indonesia.

"BSSN akan selalu berupaya mewujudkan keamanan siber Indonesia," tegas Machbub yang juga Widyaiswara Muda BSSN.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023