Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama Pangdam I/BB Mayjen TNI Mochammad Hasan Hasibuan menyusuri aliran Sungai Deli sepanjang 4,1 kilometer. 
 
Aksi susur sungai ini dilakukan mulai dari aliran di Avros, Kecamatan Medan Maimun hingga Jalan Teratai.
 
"Saya bersama pak Pangdam kemaren ingin melihat dan mengecek apakah pengerjaan di lapangan sesuai gambar kerja yang ditetapkan dan direncanakan," kata Bobby di Medan, Sabtu. 
 
Selain itu, lanjut dia, aksi susur Sungai Deli ini dilakukan untuk melihat pengerjaan normalisasi dan gotong royong bersih Sungai Deli kolaborasi Pemkot Medan dan TNI AD sesuai progres yang dilaporkan. 
 
Di papan informasi terlihat Sungai Deli di wilayah Kota Medan total sepanjang 34,5 kilometer, di antaranya Sektor IV memiliki target kerja sepanjang 17.000 meter dengan realisasi pengerjaan 6.400 meter. 
 
Sisanya sekitar 10.600 meter lagi ditargetkan akan selesai di akhir kegiatan gotong royong bersih Sungai Deli akhir Desember 2023.

Pangdam I/BB Mayjen TNI Mochammad Hasan Hasibuan mengatakan, pengerjaan normalisasi dan gotong royong bersih Sungai Deli ini sudah berjalan hampir tiga pekan. 
 
Pihaknya berharap keberadaan personel TNI/Polri dan masyarakat yang ikut terlibat dalam kegiatan ini terus bersama-sama menjaga dan memelihara Sungai Deli ini agar lebih baik ke depannya.
 
"Sepintas saya lihat dari laporan yang setiap harinya dikirim Dandim (Komandan Kodim) dan Aster (Asisten Teritorial) kepada saya, ini sudah memuaskan. Jadi kita lihat dimana kurangnya," kata dia. 
 
Pangdam mengaku pengerukan aliran Sungai Deli ini sudah dilakukan mulai dari titik awal di Sektor I, dan bahkan Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi juga akan membantu pengerjaan tersebut. 
 
"Peralatan alat berat, truk dan personel kita cukup. Kita kekurangan alat pelampung untuk alat berat ekskavator. Direncanakan Kapolda Sumut akan memberikan bantuan alat apung dari Riau," ujar Pangdam. 
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023