Bupati Samosir Vandiko T Gultom meminta para pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) untuk mensinkronkan program kerja bersama pemerintah setempat untuk memajukan masyarakat sampai ke pelosok desa.

Hal itu disampaikan Vandiko, ketika menghadiri pelantikan pengurus DPD LPM Kabupaten Samosir periode 2023-2028, di lokasi objek wisata Pantai Indah Situngkir, Parbaba, Samosir, Jumat (20/10).

"Selamat, bagi yang telah dilantik. Secepatnya dalam menyusun program kerja, sesuaikan. Tarik benang merah program LPM hingga sinkron dengan program prioritas Pemkab Samosir. LPM adalah mitra pemerintah dalam melaksanakan program pembangunan sampai ke tingkat desa," kata Vandiko.

Tugas serta fungsi LPM disampaikan Vandiko sebagaimana diamanatkan dalam Permendagri nomor 18 tahun 2018 tentang lembaga kemasyarakatan desa (LKD) dan lembaga adat desa (LAD) yakni melaksanakan pemberdayaan masyarakat desa, ikut serta dalam perencanaan pembangunan dan peningkatan pelayanan masyarakat. 

Bupati secara tegas meminta para pengurus harus mampu memposisikan dan menunjukkan eksistensinya dalam membantu pemerintah kabupaten dan desa mensinergikan perencanaan pembangunan.

"Baik pengurus, masyarakat juga kepala desa/lurah mari bersama pemerintah Samosir bersinergi. Kita tinggalkan ego sektoral demi percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Sebagai organisasi resmi pemerintah, LPM jangan berorientasi pada uang, tetapi mengabdi memberdayakan masyarakat sampai ke desa," ucap Vandiko yang juga sebagai dewan fasilitator LPM Samosir.


Adapun susunan pengurusan inti DPD LPM Kabupaten Samosir periode 2023-2028 terpilih, yang ditandai dengan penyerahan bendera pataka dari Ketua DPD LPM Sumut Rolel Harahap kepada pengurus LPM Samosir yakni sebagai Ketua Benri Pakpahan, Sekretaris Mario Chandra Simanihuruk dan Bendahara Winner Naibaho.

Sementara, Ketua terpilih Benri Pakpahan menyampaikan sesuai tema pelantikan 'Beta Hita Paidup', LPM Samosir siap mendukung Pemkab Samosir dengan susunan program kerja utama di bidang pertanian, pariwisata dan lingkungan hidup.

"Di sembilan (9) kecamatan tersebar di Samosir, kita akan segera bentuk kepengurusan sampai tingkat desa. Untuk lebih siap menyusun program kerja yang selaras dengan Pemkab Samosir membangun masyarakat desa yang maju," sebut Benri mengakhiri.

Pewarta: Eben Ezer Pakpahan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023