Para wali kota dalam lingkup Komisariat Wilayah 1 Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Komwil 1 Apeksi) berkumpul di Lapangan Rindam I Bukit Barisan, Kota Pematang Siantar, Jumat (13/10). 

Ada lima provinsi (Sumatera Utara Sumatera Barat, Aceh, Kepulauan Riau dan Riau) dengan 24 pemerintah kota tergabung dalam wadah Komwil 1 Apeksi. 

Kehadiran para wali kota bersama pejabat organisasi perangkat daerah di Kota Pematang Siantar sebagai peserta dan ofisial tim sepakbola pertandingan persahabatan Football Tournament Fiendly Match Komwil 1 Apeksi, 12-16 Oktober 2023.

Pertandingan sepakbola ini diikuti delapan tim (Pematang Siantar, Medan, Binjai, Tebing Tinggi, Tanjung Balai, Sibolga, Subulussalam dan Lhokseumawe) diadakan di Lapangan Rindam I Bukit Barisan dan Lapangan Kodim 0207 Simalungun. 
 
Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA menyampaikan ucapan selamat datang di Kota Pematang Siantar pada pembukaan pertandingan persahabatan sepakbola Komwil 1Apeksi. (ANTARA/Waristo)

Pertandingan persahabatan  resmi dibuka Ketua Komwil I Apeksi yang juga Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM, didampingi Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA selaku tuan rumah. 

Pembukaan berlangsung di Lapangan Rindam I Bukit Barisan, Jalan Argasari, Kelurahan Setia Negara Kecamatan Siantar Sitalasari, Kota Pematang Siantar, Jumat (23/10) sore.
 
Dalam sambutan, Bobby mengajak para wali kota, khususnya di Komwil 1 Apeksi memberikan fasilitas olahraga di daerah masing-masing. 

Misalnya, lapangan sepakbola di tingkat kelurahan atau kecamatan yang ke depan bisa mendorong mental generasi muda menjadi baik dan tangguh. 

Disebutkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mencanangkan Indonesia Emas 2045 dengan bonus demografi. Di tahun tersebut, yang menjalankan roda ekonomi dan pemerintah adalah generasi muda saat ini. 

"Kita harus bisa mempersiapkan generasi muda saat ini, jangan sampai jadi bencana demografi," ujar Bobby.

Dalam momen itu, Bobby berharap  hubungan antar pemerintah kota di Komwil I Apeksi semakin erat dan terjalin kerja sama di bidang lainnya.

Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA mengucapkan selamat datang di Kota Pematang Siantar. 

Kota yang sejuk, ramah, toleran, terdiri atas beragam suku bangsa yang menjadi sebagai kekuatan untuk terus melaksanakan pembangunan demi Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas.
 
Pertandingan persahabatan sepakbola perdana Komwil 1 Apeksi Tim Pemkot Pematang Siantar dengan Tim Pemkot Subulussalam.  (FOTO ANTARA/HO)

"Ini menjadi kebanggaan kami sebagai tuan rumah. Semoga aman dan nyaman berada di Kota Pematang Siantar," kata dr Susanti.

Masih kata dr Susanti, kegiatan pertandingan tersebut sebagai tindak lanjut dan bentuk komitmen Komwil I Apeksi dalam membangun olahraga nasional demi mendongkrak perekonomian masyarakat. 

Semoga, lanjut dr Susanti, pertandingan tersebut membuat persahabatan anggota Komwil I Apeksi semakin erat, sehingga kerja sama semakin baik. 

"Mari kita saksikan pertandingan persahabatan dengan penuh kegembiraan, dan tim bertanding dengan menjunjung sportivitas. Ada istilah Kamerun, kalah menang tetap rukun," kata dr Susanti.

Ketua Panitia yang juga Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Medan, HM Sofyan SSos dalam laporannya menyampaikan, penunjukan Kota Pematang Siantar sebagai tuan rumah sesuai penetapan program kerja Komwil I Apeksi di Kota Batam beberapa waktu lalu.
 
Ketua Panitia Ketua Panitia yang juga Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Medan, HM Sofyan SSos melaporkan kegiatan pertandingan persahabatan sepakbola Komwil 1 Apeksi. (ANTARA/Waristo)

Adapun tujuan kegiatan tersebut, sebagai wadah untuk membantu anggota Komwil I Apeksi dalam mempercepat pelaksanaan perekonomian daerah sekaligus menciptakan iklim kerja sama, serta sebagai salah satu kalender kerja Komwil I Apeksi.
 
Bobby Nasution foto bersama Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA dan Ketua Dekranasda Pematang Siantar H Erizal Kusuma Ginting usai eksebishi sepakbola. (ANTARA/Waristo)

Selesai acara pembukaan, dilanjutkan dengan pertandingan eksibisi antara tim Komwil 1 Apeksi dan tim Rindam I Bukit Barisan dengan skor 4-1 untuk tim Komeil 1 Apeksi. 

Pembukaan dihadiri Danrem 022/Pantai Timur Kolonel Inf Agustatius Sitepu SSos MSi, Danrindam I Bukit Barisan Kolonel Inf Charles Binsar Parulian Sagala SH MIP, Ketua DPRD Kota Pematang Siantar Timbul Marganda Lingga SH, Kajari Pematang Siantar Jurist Precisely Sitepu SH MH, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Pematang Siantar Muqorobin, para wali kota atau yang mewakili se-Komwil I Apeksi, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Pemkot Pematang Siantar, camat, lurah. 
Pertunjukan hiburan di Gala Dinner Komwil 1Apeksi di Lapangan Merdeka Kota Pematang Siantar. (ANTARA/Waristo)


Usai pertandingan hari pertama, Wali Kota Pematang Siantar menjamu para tamu "Gala Dinner" di Lapangan Merdeka depan Balai Kota Pematang Siantar. 
 
Pertunjukan hiburan di Gala Dinner Komwil 1Apeksi di Lapangan Merdeka Kota Pematang Siantar. (ANTARA/HO)
 
Sembari menikmati jamuan makan minum, para tamu dihibur dengan lagu-lagu tradisional dan paparan sejarah tugu pagoda.(adv)

Pewarta: Waristo

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023