PT Pegadaian (Persero) Kanwil I Medan mencatatkan "outstanding loan" sebesar Rp4,84 triliun selama periode Januari sampai awal Oktober 2023 yang mayoritas atau 81 persennya bersumber dari layanan gadai.

"Gadai yang merupakan 'core business' Pegadaian masih menjadi produk utama yang menyumbangkan pendapatan terbesar," ujar Deputi Operasional PT Pegadaian Kanwil I Medan Basuki Tri Andayani dalam acara temu media di Medan, Kamis.

Sebanyak 19 persen "outstanding loan" tersisa yang bernilai sekitar Rp990 miliar, Basuki melanjutkan, datang dari produk nongadai.

Kepala Bagian Analisa Bisnis dan Evaluasi Kinerja PT Pegadaian Kanwil I Medan Agung Wicaksono menambahkan, nilai "outstanding loan" Pegadaian Kanwil I Medan pada Januari-awal Oktober 2023 sudah melebihi target yang ditetapkan yakni Rp4,73 triliun.

Namun, Agung memastikan bahwa Pegadaian Kanwil I Medan, yang wilayah kerjanya meliputi Aceh dan Sumatera Utara, tetap mengincar "outstanding loan" Rp5 triliun sampai akhir tahun 2023.

Baca juga: Pegadaian Medan: Pekan Raya Pegadaian demi tambah nasabah-majukan UMKM


"Namanya perusahaan memang harus bisa melebihi target karena kalau mencapai target saja itu memang sudah menjadi kewajiban kami," kata dia.

Untuk mencapai nilai Rp5 triliun itu, Agung menegaskan bahwa pihaknya akan melakukan lebih banyak diversifikasi program.

Kemudian, Pegadaian Kanwil I Medan juga membuat promo-promo khusus untuk menarik minat masyarakat bertransaksi di Pegadaian.

"Contohnya pada bulan ini kami ada promo pembelian logam mulia yang mendapatkan 'cash back' sampai Rp50 ribu per gram," tutur Agung.

Menurut dia, besarnya "outstanding loan" Pegadaian Kanwil I Medan tidak lepas dari berubahnya status pandemi COVID-19 menjadi endemi.

Hal itu disebutnya membuat ekonomi masyarakat bergerak bebas dan tidak terganggu lagi dengan pembatasan-pembatasan karena pandemi COVID-19.

"Kondisi ekonomi yang semakin sehat menunjang kinerja Pegadaian. Pertumbuhan bisnis PT Pegadaian Kanwil I Medan sudah sangat baik," ujar Agung.

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023