Pelaksana Tugas Bupati Langkat  Syah Afandin melakukan penanaman dan pemeliharaan mangrove untuk Pemulihan Kawasan dan Penyelamatan Ekosistem Mangrove di Desa Lubuk Kertang Kecamatan Berandan Barat, Langkat, Kamis (12/10).

Pada kesempatan itu Syah Afandin mengucapkan selamat datang kepada Pejabat Gubernur Sumut Hasanuddin beserta Ibu dan Deputi Badan Restorasi Gambut dan Mangrove Bapak Gatot, yang hadir pada kesempatan ini untuk kegiatan yang nyata demi kelestarian mangrove di Kabupaten Langkat.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sumatera Utara  yang telah membuat kegiatan ini yang tentunya sangat memberikan manfaat bagi masyarakat kami di Desa Lubuk Kertang.

Dirinya berharap dengan penanaman dan pemeliharaan untuk pemulihan kawasan dan penyelamatan ekosistem mangrove di Desa Lubuk Kertang ini semua berorientasi ke masa depan untuk generasi di Kabupaten Langkat. 

"Untuk itu mari  kita jaga bersama kelestarian mangrove karena disebutkan tadi oleh Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan bahwa mangrove mempunyai peranan penting dalam menyumbang karbon," ajaknya. 

"Saya memberikan apresiasi terima kasih kepada Pak Kapoldasu, Bapak Kapolres Langkat dan juga Bapak Kapolsek yang sudah ikut mengantisipasi pencurian mangrove ini secara ilegal," tambahnya. 

Menurut Afandin, mangrove ini juga bisa merupakan hasil tambahan untuk mendapatkan pendapatan bagi nelayan musim ke laut ini juga ada ketika air pasang besar itu masyarakat enggak bisa nangkap ikan nah dari mangrove ini dulu direncanakan bisa menutupi penghasilan para nelayan. 

Nah makanya perlu tidak bisa hanya sepintas ini saya anggap sebagai starting untuk bagaimana nanti mengelola penanaman mangrove ini secara lebih profesional, saya pikir pemerintah sudah memperhatikan jadi secara khusus sekarang sudah ada deputi bidang pemberdayaan dan pengembangan restorasi gambut dan mangrove itu. 

Tandanya  pemerintah lebih secara serius untuk melihat secara fungsional apa yang bisa dihasilkan oleh mangrove ini, dulu kita pernah punya sirup dari mangrove ada juga gula yang dihasilkan dari mangrove dan banyak lagi yang lain. 

"Mudah-mudahan kegiatan kita hari ini Inn Shaa Allah nanti akan memberikan perubahan akan membawa dampak yang baik bukan hanya kepada masyarakat di sekitar sini tapi kita tahu bahwa mangrove adalah salah satu fungsinya tempat berkembang biaknya ikan yang kalau kita lihat secara geografis ini juga nanti bermanfaat untuk daerah-daerah lain yang ada di sekitar Kabupaten Langkat," sebutnya. 


 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023