Ajang Pelatihan Pers Mahasiswa Nasional Teropong (Almamater) ke- 7 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mengadakan seminar nasional yang menghadirkan "Youtuber" ternama dengan mengangkat tema "Aktivisme Digital Anak Muda Menuju Tahun Politik" di Medan, Sumut. 

"Acara ini dijadwalkan pada 9 Oktober 2023 dengan pemateri Sherly Annavita
Seorang kreator konten di YouTube dan sosial media secara luring," ujar Ketua Panitia Adhlin Faridz, di Medan, Kamis.

Ia melanjutkan, pengangatan tema ini dikarenakan melihat adanya pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) pada tahun 2024, pastinya tidak lepas dari banyaknya suara-suara anak muda.

"Untuk itu, Almamater kali ini ingin mengajak anak muda agar lebih peduli dan bisa memilah informasi yang ada menuju tahun pesta politik," ucapnya. 

Selain acara nasional, Pers Mahasiswa Teropong juga mengadakan acara Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional (PJTLN) yang diikuti oleh mahasiswa se-Indonesia pada 9-15 Oktober 2023 dengan tema "Jurnalime Era Baru". 

'Tujuannya dibuat ini agar mendapatkan ilmu untuk menghindari terjadinya double meaning dalam suatu berita demi menghindari terkaitnya pasal-pasal karet dalam UU ITE sangatlah penting untuk dipahami bagi para Jurnalis muda serta para Pers Mahasiswa," ucapnya. 

Adhlin menambahkan, pemateri PJTL nantinya akan dibawakan oleh tim Narasi TV dan pemateri dari media nasional lainnya. 

"Sejauh ini sudah ada beberapa perwakilan kampus di Indonesia yang mendaftar, kami masih membuka peserta yang ingin bergabung," tuturnya.

Pewarta: M.Sahbainy Nasution

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023