Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara(Sumut) Baskami Ginting mengatakan TNI merupakan jembatan penjaga stabilitas dalam pemilu serentak tahun 2024.

"Menjelang tahun politik, tensi akan semakin tinggi, maka TNI saya kira dapat menjadi jembatan dan penjaga stabilitas dalam pemilu serentak nanti di Indonesia khususnya Sumut," ujar Baskami di Medan, Kamis.

Ia mengatakan pada HUT TNI ini yang mengusung tema “TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju” akan menjadi tekad bersama dalam gotong royong seluruh elemen bangsa.

"Betapa pentingnya solidaritas antara TNI dan rakyat serta komponen lainnya dalam menghadapi tantangan global dan arus dinamika politik," ucapnya.

Disamping itu, Baskami mengatakan pihaknya bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumut telah melakukan rakor lintas sektoral pengamanan pemilu 2024.
"Semua pihak bersungguh-sungguh dalam mengawal pesta demokrasi yang akan kita laksanakan. TNI dan Polri telah membahas secara komprehensif langkah-langkah yang akan dan perlu dilakukan dalam rangka menjaga stabilitas keamanan," katanya.

Sebelumnya Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, dalam sambutan yang dibacakan Harfendi menyatakan TNI telah hadir dan menjalankan amanah sebagai garda terdepan sekaligus benteng terakhir Negara Kesatuan Republik Indonesia selama 78 tahun.

Momentum HUT TNI ke-78 dijadikan sebagai bahan introspeksi, untuk berbenah demi mewujudkan TNI yang profesional, modern, dan tangguh.

Selain itu, peringatan HUT ke-78 TNI yang mengusung tema “TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju” tersebut, bermakna bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera.

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023