Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan meluncurkan loket pelayanan informasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Drs H Amri Tambunan Deli Serdang, Sumatera Utara, sebagai upaya memudahkan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) memperoleh informasi.

Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Sumatera Utara dan Aceh, dr Mariamah di Lubuk Pakam, Jumat, mengatakan, pihaknya berharap dengan adanya loket pelayanan informasi tersebut keluhan pasien dengan mudah dan cepat bisa terselesaikan.

"Intinya dengan adanya loket pelayanan informasi itu, peserta akan mendapatkan kemudahan akses atas informasi tentang kecepatan dan kepastian dalam memperoleh tindakan terhadap penyampaian pengaduan terkait pelayanan dalam program JKN di rumah sakit," katanya.

Peluncuran loket pelayanan informasi tersebut dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

Penyediaan loket dilaksanakan secara bertahap, dan sampai saat ini di wilayah kerja 1 Provinsi Sumatera Utara dan Aceh, sudah ada 94 rumah sakit atau 37 persen dari rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.
"BPJS Kesehatan akan terus berkolaborasi dengan berbagai pihak dan melanjutkan keberhasilannya untuk memperluas akses layanan berkualitas guna memberi pelayanan terbaik kepada peserta JKN dan mendukung upaya mencapai Indonesia yang lebih sehat," katanya.

Sementara Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan dalam kesempatan sama mengatakan pihaknya meyakini keberadaan loket pelayanan informasi oleh BPJS Kesehatan akan menjadi program unggulan dalam memberi kemudahan, kecepatan dan kesetaraan dalam akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Ia berharap kepada semua pihak terkait, khususnya tenaga kesehatan agar bekerja lebih optimal dan serius karena memiliki peran sangat menentukan keberhasilan Program BPJS Kesehatan.

"Semoga dengan hadirnya loket pelayanan informasi itu dapat lebih memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, sehingga derajat kesehatan masyarakat bisa semakin meningkat dan tercipta masyarakat yang produktif serta berperan aktif dalam pembangunan nasional, khususnya di Deli Serdang," demikian Ashari Tambunan.

 

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023