Dewan Kopi Indonesia (Dekopi) Wilayah Sumatera Utara menyatakan, peringatan International Coffee Day (Hari Kopi Internasional) Sumut 2023 pada 13-15 Oktober 2023 di Medan akan membahas tiga hal yang dianggap penting terkait perkopian.

"Yang pertama adalah soal gerakan 'fair trade' atau perdagangan berkeadilan," ujar Ketua Dekopi Wilayah Sumatera Utara Ujiana Sianturi di Medan, Rabu.

Menurut Ujiana, dengan adanya perdagangan berkeadilan, pihaknya berharap harga kopi tetap berada di atas biaya produksi meski nilainya sedang anjlok.

Dengan begitu, perempuan yang juga Ketua Asosiasi UMKM Sumut itu melanjutkan, petani kopi dan keluarganya tetap dapat hidup layak.

Kemudian, kedua, yaitu tentang Undang-Undang AntiDeforestasi Uni Eropa yang berlaku mulai pertengahan Mei 2023.

"Sebab dalam regulasi itu, eksportir wajib menyertakan dokumen uji tuntas dan menjamin produknya tidak berasal dari kawasan penggundulan hutan," kata Ujiana.

Ketiga, yang menjadi topik pembicaraan dalam International Coffee Day Sumut 2023 adalah pengembangan agroforestri (sistem pertanian yang ditanam di lahan yang sama) tanaman kopi.


Ujiana menyebut, situasi saat ini di Sumut, banyak petani yang terpaksa membuka lahan baru di kawasan hutan dengan menebang dan membongkar tanaman hutan, lalu membakarnya sehingga lahan menjadi kritis.

"Salah satu upaya mengatasi masalah itu yakni melalui penerapan sistem agroforestri berbasis kopi yang bermanfaat dalam konservasi lahan, air, keanekaragaman hayati, penambahan unsur hara lahan, pengendalian iklim mikro, penambahan cadangan karbon, menekan serangan hama dan penyakit serta meningkatkan pendapatan petani," tutur Ujiana.

Dalam kegiatan International Coffee Day Sumut 2023 yang akan digelar di Gelanggang Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) Medan itu, Dekopi Sumut juga mengangkat wawasan tentang regulasi Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (AS).

Soal itu dianggap layak diangkat lantaran berpotensi meningkatkan ekspor kopi atau produk kopi Sumut ke AS.

Bukan cuma itu, Dekopi Sumut akan melaksanakan kegiatan-kegiatan lain di ICD Sumut 2023 misalnya bazar, pameran, kompetisi seduh kopi, sesi berbagi dan lain-lain.

Terdapat pula kegiatan "fun brewing" untuk mengembalikan kejayaan varietas kopi khas Sumut, Sigarar Utang.

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023