Wujudkan layanan prima dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Pengelola Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Credit Union (CU) Dosnitahi Pinangsori, gelar Pendidikan dan pelatihan (Diklat).

Diklat berlangsung selama tiga hari mulai dari tanggal 17-20 September 2023. Diikuti 58 pengelola atau manajemen KSP CU Dosnitahi Pinangsori yang diselenggarakan, di Balai Diklat Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah, Kecamatan Pinangsori.

Ketua Panitia Diklat Yadaman Lase, dihari ke tiga diklat, Rabu (20/09) menyampaikan, tujuan dari kegiatan Diklat untuk menjaga,mengembangkan, dan meningkatkan kualitas dan kemampuan yang menyangkut dengan kinerja, pengetahuan, sikap, kecakapan, dan keterampilan SDM untuk kemajuan usaha.

"Dengan meningkatnya kualitas kehidupan kerja pengelola, maka akan menghasilkan pelayanan prima dengan kualitas setinggi mungkin dengan target yang telah direncanakan," ujar Yadaman Lase.

Yadaman Lase juga menegaskan, tujuan utama Diklat memperbaiki cara kerja pengelola sehingga semakin kreatif dan inovatif dalam menjalankan tugasnya, itu akan berdampak terhadap rasa bangga dan semangat pengabdian terhadap usaha.

“Ini adalah program kami untuk tahun buku 2023, mengingat jumlah anggota koperasi yang terus bertambah. Tentu dibutuhkan layanan yang inovatif dan prima,"ungkapnya.


Di kesempatan tersebut, Penanggung Jawab Diklat Toto Munthe, juga mengatakan, terhitung sampai bulan Agustus 2023, KSP CU Dosnitahi sudah memiliki anggota di wilayah Sumatera Utara sebanyak 30.328 orang, sedangkan aset yang dimiliki lebih kurang Rp 205 miliar, terhitung sampai bulan Agustus 2023.

Selain itu, KSP CU Dosnitahi juga sudah terakresitasi di Kementerian Koperasi UKM RI dengan status grade A.

"Koperasi yang dibina oleh Dinas Koperasi UKM Provinsi Sumatera Utara dan Kabupaten Tapanuli Tengah ini terus mengembangkan pelayanannya," kata Toto.

Masih katanya, dalam bidang pengawasan, koperasi  diaudit secara internal setiap triwulan, dan audit internal secara terpogram setiap tahunnya. Dengan demikian laporan keuangan dapat di pertanggung jawabkan dan transparan.

"Diklat Pengelola tahun buku 2023 KSP CU Dosnitahi Pinangsori ini akan ditutup pada Rabu (20/9/2023) yang akan dirangkai dengan malam inagurasi dan ibadah yang dilayani oleh Pastor Paroki Pinangsori, Pastor Aditya Peranginangin, O.Carm yang juga sebagai Penasihat KSP CU Dosnitahi Pinangsori," pungkasnya.

 

Pewarta: Tamy Arfandhi Sianturi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023