Pemerintah Kota (Pemkot) Medan menyatakan, nilai transaksi penjualan produk UMKM Medan di pemeran kerajinan nusantara Kriyanusa 2023 di Jakarta mencapai angka Rp72.117.000.

"Peminat produk UMKM yang kami bawa cukup besar," ujar Kepala Bidang Koperasi dan UKM Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Medan Anwar Syarif kepada ANTARA di Medan, Selasa.

Anwar melanjutkan, nilai transaksi terbesar dari UMKM yang berada dalam naungan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Medan itu terjadi pada hari pertama Kriyanusa 2023 yakni Rp30,33 juta.

Kemudian, pada hari kedua transaksinya Rp10,3 juta, lalu Rp16,76 juta pada hari ketiga, Rp8,250 juta pada hari keempat dan Rp6,477 juta saat hari penutupan.

Adapun kerajinan UMKM yang dibawa oleh Dekranasda Medan ke Kriyanusa 2023 adalah kriya dan wastra atau kain tradisional.


"Dekranas Pusat juga memberikan penghargaan kepada Dekranasda Medan untuk kategori karya kriya potensial," kata Anwar.

Adapun kriya yang dimaksud yaitu produk UMKM berjenama "Recyclo" yang berupa peralatan berbahan hasil daur ulang kemasan air mineral.

Pameran kerajinan nusantara Kriyanusa 2023, yang berlangsung pada 13-17 September, digelar oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas). Acara ini mengusung tema "Kriya Unggul, Indonesia Maju".

Kriyanusa 2023 dibuka oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, yang juga pembina Dekranas. Adapun Ketua Dekranas saat ini adalah Wury Ma'ruf Amin, istri dari Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin.

Pihak panitia menyatakan, Kriyanusa 2023 total mencatatkan nilai transaksi Rp19,6 miliar. Sementara pengunjung yang datang ke acara tersebut berjumlah 46.795 ribu orang.

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023