Ryalsyah Putra, MSi dan Rahmad Paruhum Nasution, MSc  bersaing menjadi Ketua Umum BPC HIPMI Kota Medan masa bakti 2023 - 2026.

Penetapan nomor pemilihan calon Ketua Umum BPC HIPMI Kota Medan itu dilakukan di Medan, Jumat (15/9).

"Yang terpilih akan menggantikan Ketua HIPMI Medan periode sebelumnya H Palacheta S Subianto " ujar Ketua Steering Commite (SC) Musyawarah Cabang (Muscab) ke-10 BPC HIPMI, Riza Rifai, ST usai penetapan nomor pemilihan kedua kandidat itu dalam muscab tersebut di Focal Point, Jumat (15/9) malam.

Dia mengatakan itu didampingi Ketua Organizing Commitee  (OC),  Yurial Arief Lubis, SSos, MIP, Sekretaris OC Arie Zokhi Namamura Rangkuti, BM, MSc, M Paul Rudolf Naibaho, SH (Sekretaris SC) dan Bendahara OC Muhammad Fadli SIKom.

Panitia Musyawarah Cabang (Muscab) ke-10 BPC HIPMI Medan sudah menjalankan tugasnya hingga menetapkan dua calon Ketua Umum HIPMI Medan periode 2023-2026.

Penetapan dua calon tersebut berdasarkan hasil verifikasi berkas dan persyaratan yang dinyatakan  memenuhi syarat untuk sebagai calon Ketua HIPMI Medan.  

Ketua OC Yurial Arief Lubis mengatakan bahwa voting yang dilakukan dalam proses pemilihan itu dalam verifikasinya berpedoman dengan Pedoman Organisasi

Dalam pencabutan nomor, Ryalsyah Putra mendapat nomor urut 01, sedangkan Rahmad Paruhum Nasution mendapatkan nomor urut 02.
 
Steering Commite (SC) dan Organizing Commitee (OC) Musyawarah Cabang (Muscab) ke-10 BPC HIPMI Kota Medan. (ANTARA/HO)

Dia menegaskan, kedua kandidat Rahmad Paruhum Nasution dan Ryalsyah Putra sama-sama kader HIPMI Medan. 

Salah satu persyaratan untuk menjadi Ketua Umum BPC Medan adalah berusia di bawah 41 tahun. Kemudian berdomisili di Kota Medan, dan mendapat surat dukungan minimal 10 dari anggota HIPMI yang telah lulus administrasi secara AD/ART HIPMI dan telah ditetapkan oleh SC dan OC.

Para kandidat juga diwajibkan memiliki dan membuat visi dan misi serta kebijakan umum. Selain itu juga melampirkan surat keterangan pernah atau sedang menjadi fungsionaris di BPC harian dan atau menjadi anggota biasa aktif sekurang-kurangnya selama 6 bulan sejak memiliki kartu tanda anggota oleh BPP HIPMI serta melampirkan sertifikat DIKLARCAB. 

Tahapan hingga pemilihan ketua baru akan memakan waktu selama 15-30 hari kerja. 

"Nantinya akan ada juga debat kandidat yang diisi panelis yang berasal dari akademisi dan pengusaha serta mengundang UMKM," katanya. 

Setelah itu, panitia bakal menentukan penetapan voter.

"Kami akan terus mengawal proses pemilihan hingga ditetapkan ketua umum baru HIPMI Medan," ujar Riza Rifai dan Yurial Arief Lubis senada. 

Ryalsyah Putra, calon nomor urut 01 mengatakan kalau terpilih dia akan membuka akses untuk meningkatkan jumlah pengusaha dan ikut mendorong aktivitas perusahaan anggota untuk lebih maju. 
Dengan cara itu, katanya, bukan hanya menambah jumlah pengusaha, tetapi memajukan usaha anggota dan termasuk memberi kontribusi ke Pemkot Medan dan masyarakat.

"Tidak hanya soal angka atau jumlah pengusaha, tetapi  juga menyangkut kualitas pengusaha untuk memberi efek positif lebih besar," katanya. 

Calon nomor urut 02 Rahmad Paruhum Nasution juga mengaku punya program untuk meningkatkan jumlah pengusaha anggota HIPMI Medan. "Khususnya berupaya mendorong  pelaku usaha  untuk naik kelas," katanya. 

Dia menyebutkan, berdasarkan data 97 persen ekonomi Indonesia ditopang oleh UMKM. "Saya berkeinginan HIPMI Medan tidak bersifat eksklusif.HIPMi diharapkan bisa bergerak turun ke bawah, seperti ke kelurahan-kelurahan untuk mendorong pengusaha kecil untuk lebih maju," katanya. 

"Pengusaha kecil diajarkan banyak hal seperti bagaimana meningkatkan produksi, pengenalan produk dan lainnya sehingga mereka bisa lebih cepat naik kelas," katanya.

Ketua Umum BPC HIPMI Medan, H Palacetha S Subianto, BA, MSc mengatakan, kedua kandidat adalah kader HIPMI Medan terbaik karena mau maju dan lolos dalam penjaringan. 

"Yang terpilih harus bisa merangkul semua dan yang belum terpilih juga harus memberi dukungan kepada yang terpilih. Siapa pun yang unggul harus didukung," katanya. 

HIPMI Medan, kata dia, memiliki  harapan besar kepada kedua calon untuk bisa meneruskan visi dan misi dan membuat HIPMI Medan lebih baik lagi .

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023