Pengelola Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. M. IIdrem di Kota Medan, Provinsi Sumatera, menyediakan layanan perpustakaan keliling bagi pasien.

Menurut Kepala Instalasi Rehabilitasi Psikososial Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. M. IIdrem Rita Hartuti di Medan, Jumat, layanan perpustakaan keliling disediakan agar pasien bisa mengisi waktu dengan membaca buku.

Dia menyampaikan bahwa pasien bisa menambah pengetahuan, mengasah otak, dan mengurangi tingkat stres dengan membaca.

Rita mengatakan, ada sekitar 40 pasien yang memanfaatkan layanan perpustakaan yang disediakan oleh pengelola rumah sakit.
 

"Kepada pasien yang hendak membaca akan dititipkan buku tersebut selama dua jam, lalu petugas berkeliling untuk menjemput kembali buku tersebut," katanya.

Menurut dia, pasien bisa meminjam buku, majalah, dan jenis bacaan lain yang disediakan oleh donor melalui layanan perpustakaan keliling pada Senin, Rabu, dan Jumat.

"Yang bertugas menjalankan perpustakaan keliling ini bisa dua sampai tiga pasien dengan tetap didampingi oleh staf rehabilitasi psikososial," katanya.

Selain menyediakan layanan perpustakaan, Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. M. IIdrem memfasilitasi pasien untuk belajar membuat barang kerajinan dan bercocok tanam.
 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023