Kepolisian Resor (Polres) Samosir menggelar simulasi sistem pengamanan dalam kota (Sispamkota), menghadapi kontijensi Pemilu 2024 nanti, di halaman Mapolres setempat, Sabtu (9/9). 

Dengan melibatkan jajaran anggota Polres Samosir di dalam simulasi, Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman mengatakan persiapan pihaknya menghadapi situasi yang mungkin terjadi ketika Pemilu 2024, harus dimatangkan sedini mungkin mengantisipasi potensi darurat yang bisa timbul sewaktu-waktu.

"Kita persiapkan sedini mungkin kontijensi Pemilu 2024 nanti. Sabtu depan kita juga rencanakan simulasi kembali," kata Yogie.

Adapun rangkaian simulasi dimaksud, Yogie menguraikan mulai dari pengamanan unjuk rasa massa di beberapa titik, kemudian pengamanan TPS, penanganan tindak pidana pemilu, pengamanan kotak suara hasil rekapitulasi, pengamanan anggota penyelenggara pemilu (KPU-Bawaslu), serta simulasi pembebasan sandera. 
 


"Seminimal mungkin akan kita antisipasi situasi yang diperkirakan terjadi berikut aksi-aksi massa," ucap Yogie.

Di akhir simulasi, Yogie meminta personil hingga seluruh lapisan masyarakat Samosir agar bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas yang tentram dan nyaman serta berdoa agar pelaksanaan Pemilu 2024 nanti berjalan dengan aman dan lancar.

"Bagi personil tetaplah jaga kesehatan saat bertugas. Karena tujuan utama kita bersama agar Pemilu 2024 nanti berjalan lancar dan damai," sebut Yogie mengakhiri.

Pewarta: Eben Ezer Pakpahan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023