Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara kini, sudah ada lahir sebanyak tujuh unit sekolah Taman Kanak-kanak (TK) berstatus Negeri.

"Ke tujuh TK Negeri itu lahir setelah masa kepemimpinan Pak Bupati Tapsel Dolly P.Pasaribu," Ermaida Santi Harahap, Kepala TK Negeri Pembina 1 Sipirok.

Bupati Tapsel Dolly P.Pasaribu bersama Bunda PAUD Ny Rosalina Dolly Pasaribu hadir sekaligus meresmikan TK Negeri Pembina 1, di Kelurahan Huta Suhut, Sipirok,l tersebut, Senin (4/9) ditandai penyerahan kartu identitas anak (KIA) serta pemberian bingkisan kepada 28 orang anak TK Negeri se Kecamatan Sipirok.

Dari dulu, kata Ermaida, belum ada satu pun TK Negeri di kabupaten ini. "Karenanya patut di ucapkan terima kasih upaya Pak Bupati Dolly telah me negeri kan 7 TK," ujarnya.

Bupati Tapsel dalam sambutannya, mengatakan biaya bersekolah di sekolah negeri lebih ringan, sehingga sangat membantu masyarakat. Termasuk TK menampung anak-anak PAUD.
 

"Karenanya, demi masa depan generasi emas Tapsel, kami terus mendorong kemajuan kualitas pendidikan di daerah ini termasuk pendidikan anak usia dini (PAUD)," tegas Dolly.

Pendidikan, juga bagian dari salah satu visi misi untuk mewujudkan Tapsel yang cerdas, di samping sehat dan sejahtera, kata Dolly sembari berharap tenaga didik PAUD mengambil strata sarjana PAUD/PG PAUD untuk peluang ASN atau PPPK.

Bunda PAUD Tapsel, Ny.Rosalina Dolly Pasaribu, mengatakan terwujudnya TK Negeri di daerah itu tidak lepas berkat kerjasama yang baik antar OPD dan pemangku kepentingan lainnya.

"Di banding kabupaten lain, Tapsel patut berbangga sudah ada tujuh TK yang di negeri kan. Karenanya kita apresiasi Dinas Pendidikan, dan semua stake holder," ujar Rosalina.

Salah satu tokoh masyarakat Sipirok, Raja Hasuhuton dalam sambutannya menyatakan mendukung peralihan menjadi TK Negeri. Sehingga, guru-guru PAUD semakin percaya diri.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023