PTPN IV melakukan kerja sama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dalam pengembangan wisata perkebunan teh Sidamanik di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Dekan FISIP UMSU Dr Arifin Siregar di Medan, Minggu, mengatakan salah satu bentuk kerja sama tersebut diwujudkan dengan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan dosen-dosen FISIP UMSU di perkebunan teh unit Kantor Tobasari, milik PTPN IV di Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun.

Kegiatan PKM ini terlaksana berkat inisiasi para dosen FISIP UMSU yang dikoordinasikan oleh Corry Novrica Sinaga dan mendapat dukungan penuh dari PTPN IV, yang diwakili oleh Budi Susanto selaku SEVP Business Support PTPN IV.

Kegiatan PKM diawali dengan pelatihan Agro Wisata dengan tema "Menggali Potensi Agro Wisata Kebun Teh" dari sudut pandang ilmu sosial.

Narasumber para dosen FISIP UMSU dan peserta dari pihak PTPN 4, perwakilan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Simalungun, Petani Teh, dan Pelaku UMKM di lingkungan Kebun Teh.

Para dosen FISIP menyampaikan paparannya dari sudut pandang ilmu sosial yakni, ilmu komunikasi, administrasi publik, dan kesejahteraan sosial.

Topik PKM antara lain pelatihan kemampuan berkomunikasi antara pelaku wisata dan turis, kemampuan digital komunikasi untuk pemasaran wisata, dan pelatihan sikap/attitude kemampuan berkomitmen, berkolaborasi dan melaksanakan pelayanan prima.

Lebih lanjut, Arifin mengatakan pihak Rektorat dan Dekanat UMSU sangat mendukung kegiatan-kegiatan PKM yang dilakukan para dosen. Apalagi kegiatan tersebut langsung terjun ke masyarakat dan melihat kondisi yang ada di lapangan.
"Kegiatan ini wujud sumbangsih pemikiran dan tenaga dari UMSU dalam pengembangan wisata di Kabupaten Simalungun. Terima kasih untuk pihak PTPN IV yang sudah mendukung dan menjembatani terlaksananya kegiatan ini, mudah-mudahan ke depan kerja sama ini bisa dilanjutkan dan ditingkatkan," katanya.

Sementara Kepala Bagian Perencanaan dan Sustainability PTPN IV Pirgok Panggabean menyampaikan pihaknya akan terus ambil bagian mendukung kawasan perkebunan teh Sidamanik sebagai daerah tujuan wisata di Kabupaten Simalungun.

Selain itu, terus meningkatkan usaha-usaha masyarakat termasuk berkolaborasi dengan perguruan tinggi.

"PTPN IV siap membantu dan mendukung masyarakat dan UMKM setempat dan akan dijadikan bagian dari fasilitas pariwisata lokal," katanya.

Kabid Pengembangan Produk Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Simalungun Dian Pratiwi mengatakan pihaknya juga mendukung kegiatan yang dilakukan FISIP UMSU dan PTPN IV.

Pihak Pemkab Simalungun, lanjut Dian akan terus mendorong percepatan pengembangan pariwisata di daerahnya.

"Di beberapa desa, kami juga sudah membentuk kelompok sadar wisata yang anggotanya dari unsur masyarakat. Pengembangan pariwisata memang harus dilakukan dengan kolaborasi berbagai pihak, mudah-mudahan kegiatan ini berjalan sesuai rencana dan tujuan," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023