Presiden Joko Widodo, Jumat, meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Medan, Binjai, Deli Serdang (Mebidang) di Binjai, Sumatera Utara yang sudah rampung dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya. 

Di peresmian itu hadir Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Wali Kota Medan Bobby Nasution, dan Wali Kota Binjai Amir Hamzah. 

SPAM itu merupakan upaya Kementerian PUPR untuk mencapai target 100 persen akses air minum aman pada tahun 2024.

Sumber air baku SPAM Regional Mebidang berasal dari Sungai Bingei yang ditangkap menggunakan bangunan intake dengan kapasitas 2.400 liter/detik. 

SPAM Regional Mebidang dapat melayani kebutuhan air minum untuk 88.000 sambungan rumah (SR) atau setara dengan 440.000 jiwa dengan area pelayanan meliputi 10 kecamatan di Kota Medan dengan pelayanan 60.000 SR.

Kemudian dua kecamatan di Kota Binjai dengan pelayanan 12.000 SR, dan satu kecamatan di Kabupaten Deli Serdang dengan pelayanan 16.000 SR.

Lingkup kegiatan Pembangunan SPAM Regional Mebidang meliputi pembangunan intake kapasita 2.400 liter/detik.

Kemudian pembangunan IPA beton kapasitas 1.100 liter/detik, pembangunan reservoir produksi kapasitas 6.900 m³, dan pembangunan reservoir offtake Binjai kapasitas 2.500 m³.

Serta pembangunan reservoir offtake Deli Serdang kapasitas 3.000 m³, pembangunan unit pendukung/bangunan penunjang, pekerjaan mekanikal, elektrikal, dan instrumentasi. 
Termasuk pembangunan jaringan distribusi utama pipa spiral welded steel diameter 1.200 mm dan pipa HDPE diameter 630 mm serta 450.

Lingkup kegiatan pembangunan IPA meliputi IPA beton japasitas 1:100 liter/detik.

Reservoir produksi kapasitas 6 900 m², pekerjaan elektrikal dan instrumentasi, pekerjaan mekanikal dan perpipaan.

Untuk lingkup kegiatan Reservoir Offfaker Binjai meliputi pipa spiral welded steel diameter 1.200 mm, pipa HDPE OD 450 mm, pipa HDPE OD 630 mm. 

Reservoir Off Taker Binjal Kap, 2.500 m² dan bangunan/unit pendukung sementara untuk lingkup Reservoir Offtaker Dell Serdang meliputi pipa spiral
Welded Steel diameter 1.200 mm.

Kemudian pipa HDPE OD 450 mm, pipa HDPE OD 630 mm. Reservoir Off Taker Binjai Kap 3.000 m dan bangunan/unit pendukung. 

Presiden Jokowi mengatakan, keberhasilan pembangunan SPAM Regional Mebidang  itu merupakan kerja sama pemerintah pusat, provinsi dan kota.

Presiden menyebutkan,  sekitar Rp948 miliar dikucurkan untuk pemenuhan kebutuhan air bersih. 

Presiden menegaskan, air adalah urusan yang sangat penting.  "Saya bisa merasakan betapa pentingnya air saat pulang dari Afrika,” ujar Jokowi, dalam sambutannya, usai meresmikan SPAM Regional Mebidang itu.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023