Pj Bupati Tapanuli Tengah Elfin Elyas, bersama dengan Ketua TP PKK Tapteng Ny. Dr. Catherine Elfin Elyas, resmi  menutup Pembekalan Pelatihan Pembelajaran Matematika Metode Gasing (Gampang, Asyik dan Menyenangkan), 
di Kampus STPK Matauli Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah. Kamis (24/08).

Pelatihan metode belajar Gasing dimulai Pada tanggal 5-24 Agustus 2023 dengan peserta siswa SD kelas III dan IV sebanyak 90 orang, dan 30 orang perwakilan guru.

Pada kesempatan tersebut, Pj. Bupati Tapanuli Tengah mengatakan, dengan metode pembelajaran matematika metode Gasing, seorang guru atau pengajar harus bisa menjadi contoh. Sebagai mana yang sudah diterapkan para asisten trainer yang melatih selama dua minggu.

"Padahal selama ini belajar matematika itu menakutkan. Artinya, para asisten trainer mampu memberikan contoh mendidik anak-anak dengan cara ramah, menyenangkan dan tidak menakutkan.
Tentu, guru harus bisa menjadi cermin kebaikan dalam mendidik  itu dapat terwujud jika memiliki cinta dan kasih," kata pj Bupati.

Masih katanya, sebagai tindak lanjut dari pembelajaran Gasing. Dinas Pendidikan Tapanuli Tengah sedang memprogramkan untuk tingkat SMP

.

"Mari kita awali dari cinta kasih, kalau guru menaburkan kasih sayang ke muridnya, pasti muridnya bisa menularkan kasih sayang kepada orang lain. Jadi tidak perlu harus marah-marah dalam mendidik anak-anak," ungkapnya.

Ketua Yayasan Matauli Pandan Fitri Krisnawati Tandjung yang turut hadir menyampaikan, terlaksananya pelatihan metode belajar Gasing di Kampus STPK Matauli Pandan berkat atensi Pemkab Tapteng bersama Dinas Pendidikan.

"Kami merasa senang Matauli dapat berkontribusi dengan memfasilitasi tempat pelaksanaan kegiatan pembelajaran," ucapnya.

Lanjutnya, selama dua minggu proses pelatihan, para peserta dan guru-guru begitu semangat mengikutinya. Semoga dengan apa yang sudah mereka dapat bisa ditularkan ke masing-masing sekolah.

"Saya turut serta memantau proses pelatihan,kita berharap nanti dari Kabupaten Tapanuli Tengah ada penerus Prof. Yohannes Surya selaku penggagas metode belajar Gasing. Untuk itu, mari kita semua tetap semangat dan teruslah membawa Gasing, karena belajar matematika itu sesungguhnya sangat asyik  dan menyenangkan," pungkasnya.

Pewarta: Tamy

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023