Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM) Sumatera Utara menggelar operasi pasar atau pasar murah untuk mengendalikan harga beras di wilayahnya.

"Kami sudah melakukan langkah-langkah untuk menstabilkan harga beras termasuk dengan melakukan pasar murah di beberapa kabupaten dan kota dengan menggandeng Perum Bulog dan pelaku usaha," ujar Kepala Seksi Pengendalian Barang Pokok Harga dan Promosi (PBPHP) Disperindag ESDM Sumut Iskandar Zulkarnaen di Medan, Rabu.

Terdekat, Iskandar melanjutkan, pihaknya akan melaksanakan pasar murah itu di Padang Sidempuan pada 29 Agustus 2023.

Menurut dia, kenaikan harga beras di Sumut beberapa hari terakhir terjadi karena fenomena El Nino yang membuat sentra-sentra produksi seperti di Pulau Jawa mengalami kekeringan sehingga harga melambung.

Meski di Sumut efek dari El Nino tidak terlalu terasa lantaran hujan yang masih terus turun, kenaikan harga beras di wilayah lain turut mempengaruhi tingginya harga beras di provinsi beribu kota Medan tersebut.

"Berkurangnya produksi mempengaruhi harga," kata Iskandar.

Rata-rata harga beras medium di Sumut masih berada di atas harga eceran tertinggi (HET). Berdasarkan data Badan Pangan Nasional, pada Rabu ini, rata-rata harga beras medium di Sumut yaitu Rp12.560 per kilogram.

 



Adapun HET beras medium terbaru untuk wilayah Sumut adalah Rp11.500 per kilogram, sesuai Peraturan Badan Pangan Nasional Nomor 7 Tahun 2023 tentang Harga Eceran Tertinggi Beras.

Meningkatnya harga beras di Sumatera Utara membuat pemangku kepentingan terkait melalukan berbagai cara untuk mengendalikan.

Perum Bulog Sumut, misalnya, terus berupaya untuk mengendalikan harga beras dengan menggelar pasar murah di wilayah delapan kantor cabang/kantor cabang pembantu Bulog Sumut yakni Kantor Cabang Medan, Kantor Cabang Pembantu Kabanjahe, Kantor Cabang Pembantu Gunungsitoli, Kantor Cabang Pembantu Rantauprapat, Kantor Cabang Padang Sidempuan, Kantor Cabang Pematang Siantar, Kantor Cabang Kisaran dan Kantor Cabang Pembantu Sibolga.

Untuk melakukan itu, mereka bermitra dengan beberapa pihak misalnya Diseperindag ESDM Sumut dan PUD Pasar Medan.

Perum Bulog Sumut menargetkan mampu menyalurkan total 55 ribu ton beras dari cadangan beras pemerintah (CBP) pada tahun 2023.

Hingga 16 Agustus 2023, mereka telah menyalurkan 51.001,76 ton beras atau sekitar 92,73 persen dari target.

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023