Ketua DPRD Kabupaten Samosir Sorta Siahaan meminta masyarakat di wilayahnya agar mengisi kemerdekaan dengan kegiatan yang bermanfaat bagi sesama dan daerah.

"Memaknai kemerdekaan tidak cukup dengan upacara bendera atau membuat perlombaan yang meriah. Substansinya adalah mengisi kemerdekaan dengan hal-hal bermanfaat," ujar Sorta dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Samosir dalam rangka mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kantor DPRD Kabupaten Samosir, Pangururan, Samosir, Rabu.

Menurut dia, semua elemen masyarakat di Samosir harus bersama-sama mendukung berbagai program yang dijalankan pemerintah di Samosir demi kepentingan bersama.

Salah satunya adalah untuk membangkitkan kembali perekonomian pascapandemi COVID-19.

"Mari memberikan semangat baru kepada seluruh masyarakat Samosir untuk melanjutkan pembangunan. Estafet ini penting demi mencapai tujuan bersama yakni untuk melanjutkan pembangunan di Samosir," tutur Sorta.

Kemudian, dia juga mengimbau kepada masyarakat untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2023 dengan khidmat.

Selain itu, Sorta meminta pula supaya semua kegiatan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia di Samosir dilakukan dengan memerhatikan unsur keamanan.

"Kami mengimbau pelaksanaannya dilakukan dengan aman, tertib dan mengutamakan persaudaraan," kata dia.

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Samosir dalam rangka mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar di Kantor DPRD Kabupaten Samosir, Pangururan, Samosir, dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Samosir Sorta Siahaan.

Selain Sorta, acara tersebut diikuti oleh Bupati Samosir Vandiko Gultom dan para pimpinan lembaga serta instansi di Kabupaten Samosir.

Dalam pidato kenegaraannya, Presiden Joko Widodo menyampaikan beberapa hal penting mulai dari situasi menjelang Pemilu 2024, hilirisasi sumber daya alam hingga peran Indonesia di dunia internasional.

Presiden berharap, Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia menjadi momentum untuk mengantarkan bangsa menuju Indonesia Emas 2045.

 

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023