Avenessha Maria Butarbutar (14), siswi Sekolah Menengah Pertama Swasta Santa Maria Tarutung terpilih mewakili Propinsi Sumatera Utara untuk mengikuti Olimpiade Sains SMP tingkat nasional 2023 bidang Ilmu Pengetahuan Sosial.

Avenessha bersama dua siswa lainnya, yakni Nathanael Marpaung untuk bidang matematika, dan Shindy Yohana Hutagalung untuk bidang IPS, keduanya siswa SMPN2 Tarutung, diharapkan mampu menorehkan raihan prestasi sebagaimana pernah diraih para siswa lainnya di tingkat nasional.

"Avenessha Maria Butarbutar, Nathanael Marpaung, serta Shindy Yohana Hutagalung berhasil menjadi wakil Sumut untuk mengikuti Olimpiade Sains SMP tingkat nasional 2023," terang Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Taput, Bontor Arifin Hutasoit, Selasa (15/8).

Dijelaskan, proses seleksi yang telah dilalui ketiga siswa itu sudah cukup panjang sejak mengawali tahapan seleksi tingkat kecamatan, kabupaten, hingga mewakili Sumut.

"Meski dalam tahap ini sudah cukup membanggakan Tapanuli Utara, namun harapan kita, mereka juga mampu menorehkan prestasi di tingkat nasional seperti di tahun lalu, dimana siswa asal Taput juga berhasil meraih medali emas untuk IPS dan medali perak untuk matematika," urainya.

Menurut ayahanda Avenessha, Bangun Augustinus Butarbutar, putrinya merupakan siswa berprestasi di sekolahnya.

"Sesuai keterangan pihak sekolah, selain pintar dan berprestasi, Avenessha juga aktif sebagai pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah atau OSIS," tukas Augustinus.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023