Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly P.Pasaribu mengapresiasi CV Mulia Candra Jaya Dolomit yang telah membangun sebuah jembatan dan bermanfaat bagi orang banyak.

"Terwujudnya jembatan non APBD alias pribadi ini tidak lain berkat komunikasi baik antar pemerintah dan masyarakat," kata Dolly kepada ANTARA, melalui selular, Selasa (8/8).

Bahkan, Bupati Tapsel Dolly Pasaribu juga di daulat untuk meresmikan jembatan yang beri nama Jembatan Mangaraja Opung Djurung Angkola Timur yang tandai pengguntingan pita.

"Saya optimis dengan adanya jembatan swadaya masyarakat ini, akses transportasi masyarakat petani/pekebun di wilayah Kecamatan Angkola Timur, Tapsel ini semakin lancar. Perekonomian terdongkrak," ujar Bupati.

Menurut Bupati, pihaknya selama ini sangat terbuka bagi seluruh elemen masyarakat dalam berbagai hal, apalagi untuk mendorong kemajuan pembangunan daerah.

Direktur CV Mulia Candra Candra Dolomit, Ipan Risqi Hakiki Hasibuan SE, mengatakan jembatan yang di bangun itu memiliki abutment setinggi 12 M dengan panjang 9 M memiliki lebar 4,9 M (meter) menggunakan plat baja.

Berlokasi di Dusun Aek Batang Kumal Pargarutan, Desa Pargarutan Jae, Kecamatan Angkola Timur, Kabupaten Tapanuli Selatan.

"Selain itu ada juga bangunan ruas jalan (telpot) Saidi Harahap sepanjang 3000 m. Menghubungkan Kecamatan Angkola Timur ke arah Tor Simitcak (areal kebun warga untuk menyambung hidup-red)," tambahnya.
 
Jembatan yang di bangun CV Mulia Candra Jaya Dolomit di Kecamatan Angkola Timur, di resmikan pemakaiannya oleh Bupati Tapsel, Dolly P.Pasaribu, Selasa (8/8). (ANTARA/HO-dokumen pribadi)

Menariknya ketika ditanya bangunan itu menelan dana berapa? Ipan, putera asli Pargarutan, Angkola Timur ini hanya membalas sebatas senyuman. Ia sama sekali tidak mau menyebut angkanya. 

"Tujuan kita semata di samping membantu program pemerintah bermanfaat bagi orang banyak. Ini kan sudah merupakan bagian dari ibadah," ucap Ipan yang dikenal berjiwa sosial dan rendah hati.

Ayah kandung Ipan, Hendra Mulia Hasibuan, mengungkapkan bahwa masyarakat sangat mendambakan jembatan dan ruas jalan yang dibangun ini.

"Harapan kita bangunan ini bisa masyarakat nikmati. Semoga ekonomi warga bertambah. Memang, terwujudnya bangunan jembatan dan ruas jalan ini tidak lepas dari gagasan Pak Bupati Dolly Pasaribu dan anak saya Ipan," ungkapnya.

Tokoh masyarakat Pargarutan Jae Sutan Rondayan Muda Simanjuntak juga Sutan Marahodum Harahap, keduanya berucap syukur dan terima kasih kepada Bupati Tapsel dan Direktur CV Mulia Candra Jaya Dolomit.

"Kami masyarakat patut berbangga dan terima kasih kepada Pak Bupati Dolly Pasaribu beserta Direktur CV Mulia Candra Jaya Dolomit, Ipan," ucapnya.

Pasalnya, kata kedua tokoh masyarakat tersebut, berkat dorongan Bupati Tapsel dan CV Mulia Candra jembatan dan akses jalan menuju lokasi usaha kebun masyarakat menjadi lancar. Tidak lagi menyeberangi sungai untuk mengangkut hasil-hasil bumi.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023