Sebanyak 770 Calon Kepala Desa (Cakades) yang tersebar di 256 desa yang ada di Kabupaten Mandailing Natal melakukan deklarasi damai Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2023.

Pilkades ini sendiri dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 21 Agustus mendatang.

Dalam deklarasi yang dilaksanakan di gedung Serbaguna Desa Parbangunan, Kecamatan Panyabungan itu turut juga disaksikan Bupati Mandailing Natal, HM Ja'far Sukhairi Nasution, Wakil Bupati Atika Azmi Utammi, Ketua DPRD, H Erwin Efendi Lubis, Kapolres, Dandim 0212/TS, Kajari, BPD dan para panitia Pilkades se Kabupaten Mandailing Natal.

Bupati Mandailing Natal, HM Ja'far Sukhairi Nasution meminta agar deklarasi damai tersebut jangan hanya dijadikan sekedar deklarasi saja, namun harus diimplementasikan dengan penuh tanggung jawab. 

"Mudah mudahan acara ini berdampak positif pada pelaksanaan Pilkades nantinya. Para camat juga saya minta agar tertib dan tidak ikut membuat suasana politik menjadi gaduh," ujarnya.

Mengingat jabatan kepala desa sangat seksi, tentunya jabatan kepala desa itu memiliki banyak tantangan.

Untuk itu dia berharap kepada para kepala desa terpilih nantinya agar bisa menjadi garda terdepan untuk membangkitkan perekonomian.

"Ini akan menjadi tugas besar bagi kepala desa terpilih," sebut Bupati.

Kapolres Mandailing Natal, AKBP HM Reza menegaskan, agar semua element masyarakat agar ikut serta dalam menjaga kamtibmas di desa sehingga proses Pilkades bisa berjalan aman dan damai.

Sementara itu, Ketua DPRD Madina, H Erwin Efendi Lubis menyebut jika Pilkades ini lebih panas dari pemilihan legislatif, hal ini dikarenakan pemilihan tersebut berlangsung dalam satu desa.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023