Pj Bupati Tapanuli Tengah Elfin Elyas, hadiri Rapat Koordinasi Persiapan Pengadaan ASN Tahun 2023, yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, Kamis (03/08).

Rapat Koordinasi Persiapan Pengadaan ASN Tahun 2023, dibuka  langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan dihadiri oleh Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim serta Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono.

Usai menghadiri Rapat Koordinasi Persiapan Pengadaan ASN Tahun 2023, melalui pesan pers rilis Pj Bupati Tapanuli Tengah Elfin Elyas, Jumat (04/08) menjelaskan.

Agenda utama pada Rakor Persiapan Pengadaan ASN Tahun 2023, Uji Publik Rancangan Perubahan Undang-Undang ASN dan Penyerahan Surat Keputusan Menteri PANRB tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai.

Berdasarkan SK Menteri PANRB tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai ASN di Lingkungan Instansi Pemerintah Tahun Anggaran 2023 yang diterima oleh Pj. Bupati Tapanuli Tengah Elfin Elyas, kebutuhan ASN Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah pada tahun 2023 ini ditetapkan sebanyak 273 ASN Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Terdiri dari 175 PPPK Tenaga Guru, 70 PPPK Tenaga Kesehatan dan 28 PPPK Tenaga Teknis yang penerimaannya akan dilaksanakan setelah ditetapkannya Petunjuk Teknis dari Kementerian PANRB.
 

Dalam laporannya, Menteri PANRB mengatakan, pemerintah melalui Kementerian PANRB telah menetapkan sebanyak 572.496 kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) nasional Tahun 2023. 

Jumlah tersebut merupakan total dari penetapan kebutuhan untuk 72 Kementerian/Lembaga Pemerintah Pusat sebanyak 78.862 dan Pemerintah Daerah sebanyak 493.634. 

"Tahun 2023 ini, pada Kementerian/Lembaga Pemerintah Pusat diadakan penerimaan ASN yang terdiri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), sedangkan pada Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota pengadaan penerimaan ASN hanya dibuka untuk PPPK saja," ujar Pj. Bupati Tapteng.

Di kesempatan tersebut, Pj Bupati Tapanuli Tengah Elfin Elyas menyatakan bahwa pihaknya masih fokus pada pelayanan dasar terutama para pendidik dan tenaga kesehatan.

"Saya berharap agar pelaksanaan pengadaan ASN PPPK di Kabupaten Tapanuli Tengah tahun ini dapat terlaksana dengan baik, akuntabel dan transparan sehingga dapat melahirkan ASN yang profesional, berkompeten dan berakhlak serta yang nantinya akan berkontribusi langsung dalam peningkatan kinerja pemerintah daerah dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah," katanya.


 

Pewarta: Tamy

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023