Ombudsman RI melakukan inspeksi mendadak ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Padangsidimpuan, Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara.

Saat melakukan sidak, anggota Ombudsman RI Jemsly Hutabarat bersama Kepala Ombudsman RI perwakilan Sumut Abyadi Siregar langsung melakukan pemeriksaan mulai pelayanan, dapur umum, sarana dan prasarana yang dilanjutkan dengan komunikasi langsung dengan warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang ada di lapas tersebut.

"Kunjungan Ombudsman RI ke Lapas Kelas IIB Padangsidimpuan ini dalam rangkaian sidak dan koordinasi terkait opini penilaian publik," ucap Jemsly, dalam keterangan diterima di Medan, Selasa (1/8).

Ia menyebutkan setelah melakukan pengecekan langsung terkait pelayanan dan sarana prasarana yang ada di Lapas Padangsidimpuan ini, menemukan sedikit sisi negatif terkait sarana dan prasarana yakni adanya rembesan air yang masuk ke ruangan warga binaan, dan nantinya akan mempengaruhi kesehatan para WBP.

Selanjutnya, sisi positifnya sudah memuaskan mulai dari menu makanan, air, pelayanan medis, sarana olahraga dan hasil keterampilan yang dibuat langsung para warga binaan.
"Kita juga mengapresiasi kinerja kalapas bersama jajarannya untuk melakukan pembinaan rohani terhadap para warga binaan yang ada di lapas ini," katanya.

Ombudsman RI menambahkan melihat langsung di Lapas Padangsidimpuan ini adanya bangunan masjid, gereja sebagai sarana untuk pembimbingan rohani kepada warga binaan. Dan untuk pembinaan warga binaan yang menganut agama lainnya seperti agama Hindu dan Budha dilakukan pembinaan rohani dengan cara workshop.

"Terimakasih kepada anggota Ombudsman RI Jemsly Hutabarat bersama Kepala Ombudsman RI perwakilan Sumut Abyadi Siregar yang telah berkenan hadir mengunjungi Lapas Kelas IIB Padangsidimpuan," kata Kalapas Kelas IIB Padangsidimpuan Japaham Sinaga.

Japaham menyebutkan kunjungan Ombudsman RI ini sangat berharga, karena saran dan masukan yang diterima dari Ombudsman ini akan memotivasi dalam menjalankan tugas untuk yang lebih baik lagi ke depannya.

"Terkait rembesan air yang masuk ke ruangan warga binaan ini berasal dari bak air yang ada di atas bangunan dan sekarang sudah kita perbaiki dengan memasang keramik atas lantai yang ada di kamar mandi tersebut," kata Kalapas Kelas II B Padangsidimpuan.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023