Masyarakat Kota Medan berharap vaksinasi terhadap hewan peliharaan di wilayah setempat dapat berlanjut untuk mengantisipasi wabah penyakit rabies.
 
"Masyarakat sangat terbantu dengan vaksin ini. Respon pemilik hewan peliharaan pun kami pantau sangat antusias," ujar Lia Iriani, Kasi Pembangunan Kelurahan Tanjung Selamat, Kecamatan Medan Tuntungan, Kamis.

Dikatakan, masyarakat di daerah yang banyak memelihara hewan peliharaan seperti anjing, meminta sekurangnya setiap enam bulan ada vaksinasi hewan mencegah rabies.

"Kami harapkan vaksinasi ini berkala dilakukan, agar hewan peliharaan masyarakat terhindar dari penyakit rabies," ucapnya.

Salah satu pemilik hewan Parulian Situmorang mengaku sangat sangat terbantu dengan adanya suntik vaksin gratis hewan ini

Ia mengatakan adanya vaksin hewan ini membuat dirinya dan keluarga lebih aman dan nyaman memiliki hewan, mengingat adanya pemberitaan warga yang terkena rabies.
 

"Semoga suntik vaksin hewan yang dilakukan Pemkot Medan ini berkala dilakukan, agar daerah ini terhindar dari wabah rabies," ucapnya.

Sebelumnya, Pemkot Medan melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan melakukan vaksinasi terhadap hewan peliharaan di wilayah setempat untuk mengantisipasi wabah penyakit rabies.

"Agenda vaksinasi sebenarnya memang tugas rutin karena fokus kita di Kecamatan Medan Tuntungan, sebab kawasan ini memiliki populasi terbanyak hewan penularan rabies (HPR) seperti anjing, kucing dan kera," ujar Medik Veteriner Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Medan Dokter hewan Dara Keumala.

Ia mengatakan, kegiatan ini juga karena adanya permintaan dari kelurahan untuk melakukan vaksinasi di wilayah setempat untuk antisipasi penularan rabies.

"Dalam dua hari ini, sudah ada 200 dosis vaksinasi yang disuntikkan terhadap hewan peliharaan masyarakat tersebut. Mungkin saja, vaksinasi ini akan bertambah mengingat hewan peliharaan di Kecamatan Tuntungan populasi terbanyak di Kota Medan," ucap Dara.

Tercatat, kata Dara berdasarkan data populasi HPR kecamatan hewan peliharaan yang belum mendapatkan vaksin di Kelurahan Tanjung Selamat, Medan Tuntungan banyak 460 ekor.

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023