Personel Sat Lantas Polres Sibolga memberikan sebanyak 111 teguran kepada pengendara roda dua dan roda empat pada hari kelima Operasi Patuh Toba 2023 di wilayah hukum Polres Sibolga, Sumatera Utara.

Teguran diberikan pada periode 10 - 14 Juli 2023. Dari 111 teguran, karena tidak memakai helm 89 teguran, berkendaraan di bawah umur empat, berboncengan lebih dari satu sebanyak lima, knalpot blong empat, dan tidak memakai safety belt sebanyak sembilan teguran.

"Tujuan Ops Patuh Toba 2023 mengatur arus lalu lintas dan meminimalisir terjadinya kemacetan serta kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Sibolga," kata Kasat Lantas Polres Sibolga Iptu Pennedi Shotang, dalam keterangan, Sabtu.

Ia menyebutkan, dalam operasi ini polisi juga memberikan teguran simpatik dan tindakan kepada pengguna jalan yang melanggar peraturan lalu lintas.

Kegiatan ini dilaksanakan di Jalan Sutoyo Siswomiharjo Simpang Jalan Albertus Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sibolga Kota, Kota Sibolga.
"Ops Patuh Toba 2023 dilaksanakan selama 14 hari hingga 23 Juli 2023 dan kita berharap ada perubahan di masyarakat Kota Sibolga, jadi lebih taat dalam mematuhi peraturan lalu lintas," ucapnya.

Pennedi mengatakan dengan patuh dan taatnya pengguna jalan, maka akan meminimalisir angka kecelakaan dan fatalitas di lalu lintas. 

Ia berharap sebelum dan sesudah pelaksanaan operasi tersebut, paling tidak ada kesadaran masyarakat untuk peduli memakai helm SNI.

"Kehadiran Polri di tengah-tengah masyarakat juga kami harapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada segenap masyarakat, khususnya bagi pengguna jalan," kata Plt Kasat Lantas Polres Sibolga.
 

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023