Personel Satuan Polisi Air Udara Polres Asahan menggelar patroli perairan untuk mengantisipasi keluar masuknya barang ilegal dari dan ke luar negeri dengan menggunakan Kapal Patroli II-1027.

Kapolres Asahan AKBP Rocky H Marpaung, Senin, mengatakan patroli itu bertujuan untuk melakukan tugas pengawasan dan pemeriksaan terhadap kapal pembawa pekerja migran ilegal (PMI), barang ilegal yang dilarang keluar atau masuk melalui perairan Asahan, penangkapan ikan ilegal dan barang ilegal lainnya seperti pakaian bekas atau narkoba.

"Selain itu untuk menjaga keselamatan berlayar para nelayan dan sebelum melaut," ucapnya.

Rocky juga mengimbau kepada para nelayan agar dalam melakukan penangkapan ikan di wilayah perairan Indonesia saja serta tidak menggunakan alat penangkapan ikan yang dilarang sesuai peraturan yang berlaku. 

Saat patroli tersebut dilakukan pemeriksaan terhadap satu unit kapal yakni KM Darma Wanita (Tangkul Belacan) Nomor Rek GT.09 Nomor 3.450.

"Kapal itu diawaki oleh Daud dan ternyata dokumen kapal lengkap, jumlah ABK tiga orang, muatan kapal fiber berisi air, es dan tidak ada ditemukan barang-barang yang ilegal atau yang melanggar hukum," kata Kapolres Asahan.
Sebelumnya, personel Unit Reskrim Polsek Air Joman  Polres Asahan, Polda Sumatera Utara, menangkap sembilan pekerja migran Indonesia (PMI) ilegal saat melakukan perjalanan pulang ke tanah air dari Malaysia.

Mereka diamankan saat berada di dalam rumah milik seorang warga oleh Unit Reskrim Polsek Air Joman, Polres Asahan, tepatnya di Desa Silau Baru, Kecamatan Silaut Laut, Kabupaten Asahan.

"Unit Reskrim Polsek Air Joman Polres Asahan menerima informasi yang menyebutkan bahwa di rumah milik Saputra menyimpan sembilan PMI ilegal yang akan dipulangkan ke kampung halamannya," ucap Kapolres Asahan AKBP Rocky H Marpaung melalui Kapolsek Air Joman AKP T Lawolo.

Lawolo menyebutkan setelah dilakukan pendataan dan pemeriksaan, sembilan PMI ilegal ini berasal dari berbagai daerah.

"PMI ilegal beserta pemilik rumah langsung diboyong ke Polsek Air Joman untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan berkoordinasi dengan Unit Tipidter Polres Asahan," ucap Kapolsek Air Joman.
 

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023