Platform media sosial TikTok memanfaatkan konsep shoppertainment untuk mendorong peningkatan transaksi belanja oleh para pengguna.

Shoppertainment merupakan konsep yang menggabungkan antara konten yang menghibur dengan perdagangan. Melalui konten yang menghibur diharapkan dapat mendorong transaksi belanja di TikTok

"Apa yang diinginkan konsumen saat ini? Mereka ingin terlibat, teredukasi, dan terhibur dalam interaksi mereka. Mereka ingin melihat konvergensi konten dan perdagangan, dan mereka merasa bahwa TikTok adalah tempat di mana konvergensi tersebut terjadi," ujar Head of Global Business Solutions, Asia Pacific, Middle East, Africa and Central Asia, TikTok Shant Oknayan di Jakarta, Rabu.

Shant mengatakan dalam studi terbaru yang dilakukan TikTok, satu dari tiga pengguna mengatakan bahwa mereka ingin melihat transaksi belanja menjadi lebih menghibur. Dan tiga dari empat pengguna percaya bahwa TikTok adalah tempat hiburan, dan dengan TikTok Shop, mereka menikmati pengalaman yang mulus untuk melakukan pembelian.

Oleh karena itu, kata dia, TikTok sangat erat kaitannya dengan apa yang disebut sebagai "shoppertainment".

Shant mengatakan Shoppertainment bertujuan untuk memberikan hiburan dan edukasi kepada pengguna terlebih dulu, lalu menghasilkan transaksi belanja.

Dia menilai, konsep ini memiliki peluang yang sangat besar, karena saat ini konsumen tidak hanya ingin memenuhi kebutuhan fungsional mereka saat berbelanja daring, seperti kebutuhan yang cepat dan harga yang menarik, tetapi juga ingin pengalaman berbelanja daring yang lebih baik.

"Mereka ingin teredukasi, dan terhibur. Dan inilah konvergensi konten dan perdagangan yang kami maksudkan, dan TikTok sudah menjadi bagian dari pembentukan shoppertainment, atau yang kami sebut sebagai masa depan perdagangan," ucapnya.

Sementara itu, Head of Business Marketing TikTok Indonesia Sitaresti Astarini mengatakan bahwa memadukan transaksi belanja dan hiburan adalah peluang bisnis yang besar di seluruh Asia Pasifik, termasuk Indonesia.

Hadirnya konsep shoppertainment merupakan bentuk inovasi dalam mendukung kebutuhan dan perilaku konsumen yang terus berkembang.

"Kebiasaan berbelanja tentu harus terus beradaptasi untuk mendukung kebutuhan dan perilaku konsumen yang terus berkembang, dan TikTok adalah tempat di mana konten dan perdagangan benar-benar bertemu," kata dia.

TikTok untuk pertama kalinya mengadakan TikTok Shoppertainment Summit 2023 yang digelar di The Ritz-Carlton Hotel, Jakarta, Rabu.

Acara tersebut dihadiri oleh para pemimpin industri, merek, hingga eksekutif TikTok. Kegiatan tersebut membahas perubahan positif yang dibawa oleh Shoppertainment ke masa depan perdagangan.

Berbagai pembicara dari perusahaan multinasional hingga UMKM juga hadir untuk berbagi praktik terbaik Shoppertainment kepada para pemasar di wilayah Asia Tenggara.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: TikTok manfaatkan konsep shoppertainment, dorong peningkatan belanja

Pewarta: Fathur Rochman

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023