Pj.Wali Kota Tebing Tinggi Drs.Syarmadani.MSI,  bersama Pj.Sekdako H.Kamlan.SH, sholat Idul Adha 1444 H di lapangan Merdeka Jalan Sutomo Kota Tebing Tinggi, Kamis (29/6/23).

Sholat yang diikuti ribuan umat islam itu, bertindak sebagai imam, Al Hafiz  Fadlansyah Putra Purba, sedang sebagai Khatib Pfof.DR.H. Ansari Yamanah.MA, guru besar UIN-SU Medan.

Pj.Wali Kota Tebing Tinggi beserta Pj Sekda, terlihat berada di syaf pertama berada di depan mimbar yang membaur dengan msyarakat lainnya.

Khatib H.Ansari dengan judul khutbah " Menambahkan nilai-nilai kepatuhan Nabi Ibrahim dan Ismail dalam upaya mewujudkan masyarakat yang kuat dan bermartabat".

Guru besar UIN-SU itu mengatakan ada 4 hal setial muslim dapat mengimplementasikan nilai-nilai ibadah qurban dalam kehidupan sehari-hari.

Yang pertama katanya, bahwa setiap kita ibi adalah mujahid kemanusiaan yang harus memiliki integritas dengan sikap istiqomah, berani, jujur dan adil dalam.menegakkan kebenaran dan mencegah berbagai kemungkaran tanpa terpengaruh diskriminasi dan negosiasi materialiame kemanusiaan.

Kedua, pesan Allah kepada setiap orang, termasuk kita semua, untuk mengorbankan "Ismail-Ismail" yang kita cinta, yang melunturkan cinta kita kepada Allah. Kitalah yang paling tau apa sesungguhnya menjadi "Ismail" kita. Mungkin saja anak, istri, pekerjaan, profesi, bakat, nafsu, kekuasaan, pangkat, jabatan dan sebagainya.

Sedang ketiga katanya, kesediaan dan kesiapan seseorang untuk menjadi dermawan, dan mengabdi kepada ummat merupakan bukti bahwa seseorang menemukan realitasnya sendiri.

 

Pewarta: Zulfan Kurniawan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023