PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional 1 Sumatera Utara menyediakan 84.868 tiket kereta api di libur Idul Adha 1444 Hijriah pada 28 Juni - 2 Juli 2023.

"Tiket  yang tersedia itu untuk KA jarak jauh dan KA lokal 56.180 tiket," ujar Manager Humas Divre I Sumut, Anwar Solikhin, Rabu. 

Untuk KA jarak jauh 12 perjalanan dan KA lokal 22.

Hingga Selasa (27/6) telah terjual  20.502 tiket KA atau sebesar 24 persen. 

"Diyakini tiket KA itu habis terjual mengingat pemesanan melonjak di hari libur," katanya. 

Anwar Solikhin menyebutkan, pembelian tiket bisa dilakukan melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, ataupun chanel lainnya yang bekerja sama dengan KAI.

Anwar mengatakan, rute favorit masyarakat pada periode libur panjang tersebut adalah Medan - Kisaran  - Medan dan Medan - Tanjung Balai - Medan. 

Manajemen  PT KAI Divre I Sumut juga kembali mengingatkan terkait persyaratan lengkap perjalanan menggunakan kereta api jarak jauh dan lokal. 
Persyaratan itu sesuai Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 17 Tahun 2023 tentang Protokol Kesehatan Pelaku Perjalanan Orang dengan Transportasi Kereta Api Pada Masa Transisi Endemi Covid-19 yang berlaku mulai 12 Juni 2023.

Pertama, penumpang tetap dianjurkan melakukan vaksinasi COVID-19 sampai dengan booster kedua atau dosis keempat terutama bagi masyarakat yang memiliki risiko tinggi penularan COVID-19. 

Kedua, penumpang diperbolehkan tidak menggunakan masker apabila dalam keadaan sehat dan tidak berisiko tertular atau menularkan COVID-19 dan dianjurkan tetap menggunakan masker yang tertutup dengan baik apabila dalam keadaan tidak sehat atau berisiko COVID-19, sebelum dan saat melakukan perjalanan. 

Ketiga, dianjurkan tetap membawa hand sanitizer dan/atau menggunakan sabun dan air mengalir untuk mencuci tangan secara berkala terutama jika telah bersentuhan dengan benda-benda yang digunakan secara bersamaan. 

"KAI berkomitmen tetap melakukan upaya preventif dan promotif guna pencegahan penularan COVID-19, serta terus melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan protokol kesehatan untuk mengendalikan penularan COVID-19," katanya. 

Tujuannya agar layanan perkeretaapian tetap sehat, aman, dan nyaman bagi seluruh pelanggan selalu terwujud

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023