Pemerintah Kota Binjai bertindak selaku penyelenggara malam kesenian sebagai salah satu rangkaian guna memeriahkan kegiatan PRSU Ke-49 Tahun 2023.

Hal itu diungkap Wali Kota Binjai Amir Hamzah dalam rangka malam kesenian dan kebudayaan Kota Binjai di Pekan Raya Su­matera Utara (PRSU) Tapian Daya Medan, Senin (26/6).

Ia mengungkapkan, Pemkot Binjai berharap pagelaran malam kesenian ini dapat menghibur pengunjung, sekaligus mem­per­kenalkan adat dan budaya masyarakat Binjai, yang akan divisualisasikan melalui ber­bagai atraksi seni.

Wali Kota mengungkap­kan mela­lui bentuk kesenian ini, Kota Binjai ingin menunjukkan identitas dan entitas, serta kearifan lokal, yang merupa­kan wujud kebersamaan ma­syarakat Binjai, yang terba­ngun dengan baik di tengah-tengah kemajemukan etnis yang ada.

“Pemkot Binjai menyadari betul bah­wa kesenian salah satu modal yang sangat pen­ting dalam kelangsungan pe­merintah daerah. Sebagaimana sesuai dengan salah satu visi pemba­ngu­nan Kota Bin­jai yaitu Maju, Berbudaya, Religius,” jelas Amir. 

Ia menegaskan, Bin­jai harus terus bergerak men­jadi kota modern, tentunya dengan tidak mengabaikan kearifan lokal yang ada. Menurutnya, kota modern akan semakin sem­purna bila masih ditopang aspek budaya.

"Selanjutnya saya juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Dinas Pariwisata Kota Binjai yang telah menghadirkan berbagai pertunjukan seni budaya ditengah-tengah kita semua pada malam hari ini," ucapnya. 

"Saya yakin, pertunjukan seni budaya seperti ini menjadi pemicu semangat bagi para seniman, sanggar seni, lembaga-lembaga budaya dan adat, serta seluruh pihak yang bersentuhan dengan upaya pembinaan dan pengembangan seni dan budaya untuk dapat terus mengekpresikan karyanya," jelasnya.


Di ajang PRSU ke-49 tahun 2023 ini, selain menampilkan kesenian daerah, Pemkot Bin­jai juga turut menampilkan pro­duk ekonomi kreatif, UKM, dan UMKM, berupa hasil pertanian dan produk unggulan Kota Binjai di stand pameran Pemko Binjai, seba­gai hasil binaan Pemkot Binjai, PKK, dan stake holder terkait.

 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023