Kehadiran anak dengan kelainan berupa bibir sumbing bukanlah sebuah aib. Layaknya anak normal, mereka juga harus tetap diberikan motivasi. Meski memiliki kekurangan karena bibir sumbing, mereka pasti memiliki kelebihan pada hal lain.

Demikian disampaikan dr Arya Tjipta, SpBP-RE saat memberikan keterangan pada kegiatan bakti sosial operasi bibir sumbing gratis di The Clinic Beautylosophy, Jalan Sekip Medan, Sabtu (24/6/2023).

“Jadi yakinlah, bahwa mereka itu perlu diberikan motivasi agar potensi atau kelebihan mereka itu bisa muncul. Jangan justru kelainannya karena bibir sumbing membuatnya tertekan,” katanya.

Dr Arya mengatakan, bakti sosial operasi bibir sumbing gratis merupakan yang kesekian kalinya mereka gelar di klinik miliknya tersebut. Meski kegiatan ini dilakukan dengan gratis, namun peralatan dan obat-obatan yang dipakai dipastikan berkualitas premium. Bahkan, ia sendiri yang langsung turun tangan untuk melakukan tindakan operasi.

“Meskipun ini gratis namun kita pastikan benang yang digunakan, bius dan peralatan lainnya adalah yang premium. Saya sendiri yang langsung turun melakukan tindakan operasi, karena untuk bibir sumbing ini harus dilakukan oleh dokter spesialis,” ujarnya.

Arya mengatakan, dirinya selalu terpanggil untuk melakukan bakti sosial terhadap para penderita bibir sumbing karena ingin keilmuannya dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas. Menurutnya, sebagai seorang dokter spesialis, kemampuannya itu harus digunakan sebesarnya untuk membantu orang yang membutuhkan.
“Saya selalu merasa puas melihat mereka senang usai tindakan operasi. Karena tindakan ini kan langsung bisa terlihat hasilnya. Itu menjadi kepuasan tersendiri,” ungkapnya.

Arya bahkan sempat bercerita saat seorang peserta bakti sosial operasi bibir sumbing yang mereka lakukan beberapa tahun lalu datang kepadanya hanya untuk mengucapkan terima kasih. 

“Namanya Ilham, dia datang hanya untuk mengucapkan terima kasih sudah saya bantu operasi. Dan dia pada akhirnya menjadi juara Qori Internasional. Kan, itu suatu hal yang memberikan rasa syukur tersendiri bagi saya. Artinya kehadiran saya bisa bermanfaat bagi mereka,” sebutnya.

The Clinic Beautylosophy menjadi salah satu klinik yang kerap melakukan kegiatan bakti sosial. Selain operasi bibir sumbing gratis, dalam kurun waktu lebih dari 2 tahun terakhir mereka juga kerap menggelar bakti sosial sunatan massal gratis.

“Untuk operasi bibir sumbing selama ini lebih sering kita targetkan kepada anak-anak. Dan inilah perdana untuk orang yang sudah dewasa. Kalau ditotal yang sudah kita lakukan tindakan untuk bibir sumbing dalam kurun 2 tahun sudah sekitar 150 orang sampai 200 gitu,” pungkasnya.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023