Pemkab Deli Serdang, Sumatera Utara mencanangkan Kampung Keluarga Berkualitas dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia ke-27 yang dipusatkan di Lapangan Sepakbola Desa Saentis kabupaten setempat.

Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan di Lubuk Pakam, Kamis, mengatakan pihaknya berharap melalui pencanangan Kampung Keluarga Berkualitas tersebut, akan mampu memantapkan peran masyarakat untuk mengupayakan pemenuhan gizi seimbang bagi balita hingga keluarga berisiko stunting.

Hal itu dapat dilakukan dengan memanfaatkan sumber pangan lokal yang dapat dipadukan dengan sumber daya atau kontribusi dari mitra lain.

"Ke depan, kami berharap semua Kampung Keluarga Berkualitas yang terbentuk dapat mengoptimalkan kegiatan dan mengimplementasikan pembangunan kualitas sumber daya yang bebas stunting," katanya.

Sementara terkait peringatan hari lansia, ia mengatakan, lansia merupakan proses alamiah setiap orang. Yang terpenting adalah bagaimana mempertahankan kualitas hidup dan kesehatan dapat tetap terpelihara dengan baik.

Lansia, sambung bupati, memiliki peran penting sebagai subjek untuk menjadi panutan hidup di keluarga dan masyarakat sekitar dalam mewujudkan keluarga sehat dengan memanfaatkan pengalaman yang dimiliki dan diperkaya dengan pengetahuan kesehatan yang sesuai.

"Peringatan Hari Lansia 2023 mengusung tema, 'Lansia Terawat Indonesia Bermartabat'. Tema ini mengingatkan untuk senantiasa lebih memperhatikan keberadaan lansia, baik kehidupan sehari-hari, kesehatan, kesejahteraan dan kebutuhan psikologinya. Sehingga, kita bersama-sama mewujudkan Indonesia Bermartabat," katanya.
 

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023