Para pelaku UMKM menyambut positif kembalinya pelaksanaan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) pada tahun 2023 setelah vakum selama tiga tahun akibat pandemi COVID-19.

"PRSU ini sangat bagus untuk membantu UMKM," ujar Abi, pengusaha UMKM yang memproduksi parfum, kepada ANTARA di Kompleks PRSU di Medan, Sabtu.

PRSU terkini berlangsung pada 16 Juni-17 Juli 2023 di Kompleks PRSU Medan. PRSU ke-49 tersebut bertema "Berikan Cerita Terbaikmu".

Menurut Abi, salah satu hal positif dari PRSU adalah daya tarik kegiatan tersebut untuk masyarakat Sumatera Utara khususnya Medan. 

Apalagi, PRSU juga menampilkan beragam hiburan dari artis-artis nasional.

Untuk menambah animo pengunjung ke stannya, dia pun memberikan harga khusus untuk parfumnya sepanjang PRSU tersebut.

"Pengunjungnya jadi ramai. Saya berharap PRSU tetap terus digelar secara rutin," tutur Abi.

Hal serupa juga diutarakan Kiky, pelaku UMKM yang bergerak di bidang kuliner yakni donat kentang.

Kiky merasa senang dengan pelaksanaan PRSU karena berdampak langsung dengan penjualannya.

"Kalau omzet saya belum menghitung detailnya. Yang jelas, pembelinya banyak. PRSU ini memang cocok untuk tempat warga menghabiskan waktu. Mereka bisa menikmati konser, lalu makan, minum," kata dia.

PRSU ke-49, selain memamerkan produk UMKM, juga menampilkan kegiatan edukasi, sosialisasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 dan pertunjukan hiburan dari pesohor-pesohor ternama di Indonesia.

Penyanyi atau grup musik seperti Anji, Setia Band, Ungu, Gigi, Wali dan lain-lain akan tampil bergantian setiap pekan di PRSU itu.

Pihak penyelenggara berharap PRSU tahun 2023 dapat menghadirkan 400 ribu sampai 600 ribu pengunjung selama 32 hari pelaksanaan.

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023