Sebanyak 1.165 lowongan pekerjaan dari 13 perusahaan di Kota Medan, Sumatera Utara, tersedia pada Job Fair Mini Pemkot Medan di kantor Camat Medan Barat.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan Illyan Chandra Simbolon usai meninjau job fair tersebut, Rabu, mengaku bursa kerja yang cuma berlangsung sehari dan langsung diserbu ratusan pencari kerja sejak pagi hari.

Job fair mini di kantor Camat Medan Barat ini merupakan yang ketiga kali digelar, setelah di kantor Camat Medan Deli dan kantor Camat Medan Helvetia.

"Job Fair Mini Pemkot Medan untuk mendukung visi misi Wali Kota Medan mengurangi pengangguran di Kota Medan, khususnya di Medan Barat, Medan Timur, Medan Perjuangan dan Medan Kota," ungkapnya.

Sama seperti job fair mini sebelumnya, kata dia, bursa kerja di kantor Camat Medan Barat tersebut juga menyediakan lowongan pekerjaan bagi penyandang disabilitas.

Sebelum melakukan pendaftaran, para pencari kerja diwajibkan meregistrasi terlebih dahulu dengan aplikasi SIDUTA (Sistem Informasi Terpadu Ketenagakerjaan) dan melanjutkan pendaftaran di job fair mini.

"Tetap kita sediakan lowongan pekerjaan untuk penyandang disabilitas, karena pak Wali Kota Medan sudah berpesan agar penyandang disabilitas diberdayakan," ucap Illyan.

Pihaknya juga mengajak perusahaan di Kota Medan agar ikut serta berperan aktif dalam Job Fair Mini Pemkot Medan yang digelar Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan.

"Kita ingin job fair mini yang diselenggarakan di kantor camat ini bisa langsung menjangkau masyarakat. Kami berharap semakin banyak perusahaan yang ikut berperan aktif," tutur Illyan.

M Dendy Triherda, pencari kerja mengatakan sangat bersyukur dengan adanya Job Fair Mini Pemkot Medan yang diselenggarakan Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan.

Menurutnya program ini sangat membantu dalam mengurangi angka pengangguran di Ibukota Provinsi Sumatera Utara.

"Job fair mini ini sangat bagus karena bisa mengurangi pengangguran di Kota Medan, apalagi perusahaan yang ikut menawarkan lowongan dengan berbagai jurusan," katanya. 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023