Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, membenahi tiga ruas jalan provinsi yang total panjangnya mencapai 7 kilometer (km) karena kerap dikeluhkan warga kota.

Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi Kota Medan Topan OP Ginting di Medan, Selasa, merinci secara detail perbaikan ketiga ruas jalan provinsi tersebut. 

"Jalan Setia Budi (Simpang Selayang) telah diperbaiki dengan panjang sekitar 2,5 km dan lebar 14 meter. Pengaspalan kita lakukan dua lapis dengan ketebalan 10 centimeter," katanya. 

Kemudian Jalan TB Simatupang, saat ini mulai dilakukan perbaikan diawali dengan pengelupasan permukaan aspal yang rusak menggunakan alat berat.

"Perbaikan Jalan TB Simatupang sepanjang 1,7 km dengan lebar sisi kanan rata-rata tujuh meter dan juga sisi kiri rata-rata tujuh meter," jelas dia. 

Terakhir Jalan Marelan Raya sepanjang 2,7 km di kawasan Medan bagian Utara yang juga diawali pengorekan jalan retak maupun rusak menggunakan alat berat.

Perbaikan Jalan Marelan Raya ditargetkan sepanjang 2,7 km, lebar jalan 8,7 meter dengan dua lapis aspal dan total ketebalan 10 centimeter. 

Perbaikan jalan provinsi ini dilakukan setelah Gubernur Sumut menerbitkan Surat No: 600.1.7/1834/2023 tentang Berita Acara Pendelegasian Kewenangan Penanganan Pemeliharaan Rutin dan Berkala di Ruas Jalan Provinsi di Kota Medan.

"Sejauh ini proses perbaikan jalannya kita lakukan dengan pengorekan di bagian ruas jalan yang mengalami kerusakan ataupun keretakan," tuturnya. 

Topan berharap setelah selesainya ketiga ruas jalan provinsi di Kota Medan diperbaiki dapat memberikan kenyamanan bagi masyarakat dalam beraktivitas sehari-hari.

"Kami harapkan bisa memberikan kenyamanan dan kelancaran bagi masyarakat, khususnya di bagian Utara sehingga meningkatkan ekonomi masyarakat," ungkapnya. 
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023