Bupati Labuhanbatu Utara Hendriyanto Sitorus SE MM dan wakilnya H Samsul Tanjung ST MH sama-sama mengenakan pakaian adat Nias, Kamis (1/6). Ini berlangsung saat upacara peringatan hari lahir Pancasila yang berlangsung di halaman kantor bupati.

Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Labura. Dalam sambutannya Hendriyanto Sitorus antara lain mengatakan, merayakan lahirnya Pancasila merupakan tonggak penting dalam sejarah bangsa Indonesia.

Tema peringatan hari lahir Pancasila Tahun 2023 adalah “Gotong Royong untuk Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global." "Kami berharap agar kita semua selalu mengingat pentingnya gotong royong dalam membangun peradaban yang maju, maju dan berkelanjutan, serta berkontribusi terhadap pertumbuhan global," katanya.

Lebih lanjut disebutkannya, gotong royong merupakan semangat yang melekat pada bangsa Indonesia sejak zaman dahulu. Semangat ini memupuk perasaan gotong royong, solidaritas, dan kepedulian terhadap sesama.

"Gotong Royong mengajarkan kita untuk bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama, tanpa memandang perbedaan sosial, agama atau budaya. Dalam konteks membangun peradaban, gotong royong memegang peranan yang sangat penting,* ucapnya. 

Untuk itu, tegasnya, tidak ada pilihan lain kecuali seluruh anak bangsa harus menyatukan hati, pikiran, dan tenaga untuk persatuan dan persaudaraan. Tidak ada pilihan lain, kecuali kita harus kembali ke jati diri sebagai bangsa yang santun, berjiwa gotong royong, dan toleran.

"Tidak ada pilihan lain kecuali kita harus menjadikan Indonesia bangsa yang adil, makmur, dan bermartabat di mata internasional. Namun demikian, kita juga harus waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila," katanya.

Peserta upacara pada kesempatan itu banyak yang mengenakan pakaian adat daerah. Hadir pada avaea itu Kapolres Labuhanbatu AKBP James Hasundungan Hutajulu SIK SH MH MIK, Danlanal TBA Letkol Laut (P) Aan Prana Tuah Sembayang SE, DWC, Wakil Ketua DPRD Ir H Yusrial Suprianto Pasaribu, Danramil 01 AK Mayor Czi Baginda Siregar SE, para asisten/staf ahli dan undangan lainnya.

Pewarta: Sukardi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023