Mewujudkan komitmen pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sibolga kembali lukan kegiatan tes urine terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), di ddi aula Sahardjo,Lapas Sibolga, Rabu (31/05).

Kalapas Sibolga Indra Kesuma didampingi Pejabat Struktural di kesempatan tersebut yang turut serta memantau berlangsungnya pelaksanaan kegiatan mengatakan.

Tes urine bagi warga binaan dilaksanakan sebagai langkah deteksi dini dalam upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap anarkoba (P4GN).

"Ini merupakan kegiatan untuk mewujudkan Lapas Bersih Dari Narkoba (Bersinar) dan untuk Pengambilan sampel urine dilakukan bergantian oleh warga binaan dengan pengawalan melekat dari petugas yang selanjutnya dilakukan pemeriksaan oleh tim medis Lapas Sibolga," katanya.

Masih katanya, pelaksanaan tes urin i merupakan kegiatan yang dilakukan secara berkala setiap minggunya terhadap warga binaan. 
 
"Hal ini rutin kita lakukan guna memastikan bahwa tidak ada penyalahgunaan ataupun peredaran gelap narkoba di dalam Lapas. Saya dan seluruh jajaran berkomitmen untuk hal tersebut” ucapnya.

Di kesempatan tersebut, Indra juga mengingatkan kepada warga binaan untuk tidak melakukan pelanggaran selama menjalani masa pidananya. 

"Saya berharap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), turut rutin melakukan pembinaan yang kami berikan dan jauhkan diri dari melakukan upaya-upaya yang dapat merugikan diri sendiri khususnya narkoba. Kita memastikan seluruh pelanggaran akan kita tindak tegas sesuai peraturan yang berlaku," pungkasnya.

Pantauan di lokasi, kegiatan tes urine terhadap warga binaan berjalan aman dan tertib, dari pemeriksaan keseluruhan oleh tim medis tidak ditemukan adanya warga binaan yang terbukti menggunakan Narkoba.
 

Pewarta: Tamy

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023