Kanit I Subdit I Industri dan Perdagangan Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumatera Utara Kompol Pandu Winata mendapat penghargaan bergengsi dari Amerika Serikat (AS).

Penghargaan itu diberikan atas keberhasilan dalam pengungkapan kasus di bidang kriminal khusus, yaitu terkait tindak pidana hak atas kekayaan intelektual (HAKI). 

Penghargaan diberikan oleh Internasional Law Enforcement Academy (ILEA) dalam acara ILEA Day Award di Washington DC, AS, 24 - 26 April 2023.

"Puji syukur yang tak terhingga kepada Allah SWT  karena saya dari alumni ILEA Bangkok terpilih untuk menerima penghargaan dari ILEA AS sebagai wakil dari Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumut," kata Kompol Pandu Winata dalam keterangan tertulis yang diterima, Minggu.

Pandu menyebutkan, dirinya atas nama institusi mengucapkan terimakasih kepada Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak atas bimbingan dan arahannya.

"Penghargaan dan pengakuan internasional ini nantinya diharapkan dapat mendorong kami untuk terus meningkatkan kinerja dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Sumatera Utara," ucapnya.
Selain Kompol Pandu sebagai alumni pertama yang terpilih untuk menerima penghargaan, yang kedua adalah Iptu Rheditya Alfa Hendi dari Satuan Narkoba Polres Jakarta Barat, Polda Metro Jaya. 

ILEA merupakan akademi pelatihan internasional yang bertujuan untuk membangun kapasitas mitra peradilan pidana asing dan memperkuat kemitraan peradilan pidana di seluruh dunia. 

Pengumuman disampaikan melalui Kedutaan Besar AS di Jakarta dan ditujukan kepada Irjen Pol Krishna Murti, Kepala Divisi Hubungan Internasional Kepolisian Republik Indonesia. 

Dalam surat itu diinformasikan bahwa dua alumni ILEA Bangkok (Asia) yang berasal dari Indonesia terpilih menjadi finalis ILEA Day Award 2023 dalam kategori "Outstanding Operational Success".

Acara pemberian penghargaan dihadiri oleh para finalis dari berbagai negara yang terpilih melalui seleksi dan tahapan nominasi.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023