Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution mengajak anak-anak muda untuk tidak ragu berwirausaha di ibu kota provinsi Sumatera Utara itu.

"Ada pandangan kalau mau berhasil, sukses, harus keluar dari Medan. Ke Jakarta dahulu, ke Yogyakarta dahulu biar sukses. Padahal di Medan banyak pikiran dan ide yang bisa disumbangkan sampai ke tingkat nasional," ujar Bobby dalam acara "Kick Off Peningkatan Kapasitas Start Up dan Workshop Entrepreneur Hub Sumatera Utara" di Universitas Sumatera Utara (USU), Medan, Senin.

Bobby yakin warga Medan memiliki kreativitas yang tidak kalah dari daerah-daerah lain.

Meski demikian, dia mengakui bahwa tantangan wirausaha di daerahnya adalah akses.

Baca juga: Menteri Koperasi dan UKM terkesan dengan produk UMKM Sumut

"Oleh sebab itu, kami memohon dukungan dari Kementerian Koperasi dan UKM serta Dekranas (Dewan Kerajinan Nasional) untuk membantun Kota Medan agar menjadi lebih baik," tutur Bobby.

Akan tetapi, di tengah keterbatasan, dia menegaskan bahwa Pemerintah Kota Medan siap memberikan dukungan kepada mereka yang ingin memulai atau mengembangkan usahanya.
Berbagai program sudah diluncurkan oleh Pemerintah Kota Medan untuk merangsang tumbuhnya UMKM di Medan. Terbaru, mereka tengah membangun sebuah Plaza UMKM yang berlokasi di sekitar kampus USU.

Plaza tersebut rencananya mulai dibangun pada 2023.

"Plaza UMKM itu hasil kerja sama kami dengan Pemkot Medan. Para penyewa di sana adalah pelaku UMKM di Medan dan dari sekitar Kota Medan," kata Bobby.

Sementara untuk pelaku usaha yang sudah aktif berniaga, Bobby menekankan pentingnya pola pikir supaya tidak gampang menyerah.

Menurut dia, banyak jalan untuk melambungkan usaha, misalnya dengan berinovasi dan berkolaborasi.

"Kadang banyak kendala yang dihadapi dan cara menyelesaikannya adalah dengan kolaborasi. Dalam dunia bisnis, penting untuk memiliki pengalaman dan ide," ujar Bobby.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wali Kota Bobby ajak anak-anak muda tak ragu berwirausaha di Medan

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023