Pengerjaan fisik tahap kedua revitalisasi Lapangan Merdeka Medan, Sumatera Utara seluas 4,88 hektare segera dilakukan dalam waktu dekat ini. 

"Insya Allah, pengerjaan revitalisasi Lapangan Merdeka tahap kedua kita lakukan di Mei 2023 ini juga," ucap Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Medan Endar Sutan Lubis di Medan, Jumat. 

Apalagi, lanjut dia, pemenang lelang pekerjaan tahap kedua proyek pengerjaan fisik kawasan Lapangan Merdeka telah diumumkan beberapa waktu lalu. 

Namun pihaknya masih menunggu hasil audit pengerjaan tahap pertama yang telah selesai dilakukan, di antaranya pemasangan pondasi tiang pancang 1.800 titik dan penggalian ruang bawah tanah. 

Laman resmi LPSE Kota Medan menyebutkan pemenang lelang revitalisasi Lapangan Merdeka memakai skema multiyears (kontrak tahun jamak) dengan pagu Rp500,26 miliar, yakni PT Cimedang Sakti Kontrakindo. 
"Begitu hasil audit selesai, maka pengerjaan revitalisasi tahap kedua langsung kita mulai," ungkap Endar.

Mantan kepala Dinas Sosial Kota Medan ini mengaku pengerjaan tahap kedua difokuskan kepada pekerjaan struktur meliputi pekerjaan pendahuluan, tanah, struktur bawah dan struktur atas. 

Kemudian diikuti pekerjaan arsitektur meliputi arsitektur lantai dasar, arsitektur lantai bawah tanah satu, dan arsitektur lantai bawah tanah dua.

"Pekerjaan arsitektur lantai dasar ini meliputi pekerjaan arsitektur panggung rakyat, cerobong, area lobi, tangga dan kanopi," jelasnya. 

Pekerjaan tahap kedua ini juga akan diisi dengan pekerjaan mekanikal, elektrikal dan sistem pipa perlengkapan, di antaranya pekerjaan instalasi air bersih. 

"Alhamdulillah, sejauh ini semua lancar dan tidak ada kendala. Mudah-mudahan seluruh pekerjaan bisa selesai sesuai target yang ditetapkan pak wali yakni Juli 2024," tutur Endar. 
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023