RS Columbia Asia Medan membuka layanan "Education and Advisory Centre" gratis di rumah sakit itu untuk memberikan kemudahan pasien mendeteksi penyakitnya dan menentukan penanganannya. 

"Dengan ada layanan itu warga bisa berkonsultasi tentang penyakit dan pengobatannya termasuk berobat di RS Columbia Asia Medan," ujar General Manager RS Columbia Asia Medan, Deny Hidayat, di Medan, Rabu. 

Layanan itu akan ditangani dokter umum dan satu perawat. 

Deny Hidayat yang didampingi Direktur RS Columbia Asia Medan, Prof Sutomo Kasiman, Medical Service Manager Sabar Petrus Sembiring, Nursing Service Manager Eva Sri Dewi dan Operation Manager Natalina Rumapea menegaskan, layanan itu menjadi yang pertama di rumah sakit Sumut.

Layanan "Education and Advisory Centre" gratis RS Columbia Asia Medan itu dibuka dari Senin sampai Sabtu, pukul 10.00 - 19.00 WIB. 

"Pasien akan dilayani dengan maksimal, termasuk konsultasi melalui telepon," katanya. 

Deny Hidayat menyebutkan, RS Columbia Asia Medan terus berupaya menjadi rumah sakit dengan pelayanan terbaik. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Sumut dan semakin bisa dipercayai sehingga warga tidak perlu berobat ke luar negeri. 

Prof Sutomo Kasiman mengatakan, masyarakat yang melakukan konsultasi tidak harus melakukan perawatan di RS Columbia Asia Medan. 

"Tidak ada keharusan berobat di RS Columbia Asia Medan bagi pasien yang berkonsultasi. Tetapi manajemen tentunya menawarkan layanan terbaik kita kalau memang penyakit pasien bisa ditangani di RS Columbia Asia Medan," katanya.
Selain layanan "Education and Advisory Centre" gratis, menurut Deny Hidayat, RS Columbia Asia Medan juga meningkatkan pelayanan Sunday dan Holiday Clinic. 

"Kalau sebelumnya beroperasi di hari Minggu pukul 08.00 - 12.00 WIB, saat ini sudah melayani hingga pukul 17.00 WIB," katanya. 

Bahkan manajemen menargetkan mulai Juli 2023 layanan bisa beroperasi hingga 21.00 WIB. 

"Peningkatan layani lainnya adalah di bidang Radiologi. Layanan mini surgery bisa hingga 24 jam," katanya.

Mini surgery dilengkapi dengan dokter spesialis bedah, yang bisa dimanfaatkan untuk pasien yang melakukan tindakan operasi kecil. Jadi tidak perlu dilakukan di ruang operasi yang besar yang tarifnya lebih mahal. 

Deny Hidayat menyebutkan, RS Columbia Asia Medan terus berbenah dan mengembangkan layanan, antara lain dengan menambah gedung baru dan bahkan membuka rumah sakit di lokasi lain. 

RS Columbia Asia Medan yang baru nantinya direncanakan menerima pasien BPJS Kesehatan dengan jumlah kamar yang ditetapkan. 

"Dengan penambahan gedung baru dan bahkan membuka rumah sakit baru, tentunya daya tampung RS Columbia Asia Medan semakin bertambah. Manajemen terus mempertahankan dan berupaya menjadikan RS Columbia Asia Medan sebagai rumah sakit terbaik di Sumut bahkan kalau bisa di Indonesia," ujar Deny Hidayat.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023