Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara menerima berkas pendaftaran bakal calon anggota DPRD dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sumut pada Pemilu 2024.

"Hari ini yang datang ke KPU Provinsi Sumut untuk mendaftarkan bacalegnya baru PKS," ujar Ketua KPU Provinsi Sumut Herdensi, Medan, Selasa.

Dari awal pembukaan pendaftaran bacaleg sejak 1 Mei 2023, kata dia, partai politik yang mendaftarkan bacalegnya baru PKS.

Herdensi menjelaskan bahwa pihaknya akan melakukan verifikasi terhadap berkas tersebut untuk memastikan semua administrasi memenuhi persyaratan sehingga bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.

"Pendaftaran ini 'kan sejak 1 sampai 14 Mei, nanti pada tanggal 15 sampai dengan 23 Mei kami melakukan verifikasi seluruh berkas," katanya.

Apabila berkas tersebut dinyatakan belum lengkap, kata dia, PKS masih memiliki kesempatan untuk memperbaiki hingga batas akhir pendaftaran pada hari Minggu (14/5) pukul 23.59 WIB.
Sementara itu, Ketua DPW PKS Sumut Usman Zakfar mengaku bersyukur karena pendaftaran bakal calon anggota DPRD Provinsi Sumut sudah selesai dan tidak ada kendala alias memenuhi seluruh persyaratan.

"PKS adalah partai pertama daftar ini, mudah-mudahan jadi pertanda baik bagi kami untuk mencapai target. Pendaftaran hari ini, komplet memenuhi persyaratan," kata Usman didampingi Sekretaris PKS Misno Adisyahputra dan Majelis Pertimbangan Wilayah (MPW) Ustaz Salman Alfarisi.

Ia menyebutkan DPW PKS Sumut mendaftarkan 100 bacaleg dengan keterwakilan perempuan mencapai 38 persen di 12 dapil yang ada di Provinsi Sumatera Utara.

"Untuk terget, sebanyak 20 kursi di DPRD Provinsi Sumut atau 20 persen," katanya.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023