Dinas Kesehatan Kota Medan, Sumatera Utara tetap memberikan pelayanan kesehatan selama masa cuti bersama Idul Fitri 1444 Hijriah di 41 puskesmas di daerah ini.

"Selain di 41 puskesmas, petugas kesehatan juga memberikan layanan kesehatan di Posko Lebaran," ucap Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Medan dr Helena Rugun di Medan, Jumat.

Pihaknya mengaku berkolaborasi dengan aparat kepolisian dan Dinas Perhubungan Kota Medan yang membuka Posko Lebaran di berbagai titik dan pusat keramaian.

Para tenaga medis dari puskesmas terdekat juga dimanfaatkan untuk memberikan layanan kesehatan di semua titik Posko Lebaran 2023 di ibu kota Provinsi Sumatera Utara itu.

"Di posko ini, selain pertolongan pertama bagi korban kecelakaan dan juga pengobatan darurat bagi yang membutuhkan karena kita sediakan obat-obatan," katanya.

Pihaknya juga menambahkan obat-obatan itu termasuk dalam keadaan keadaan darurat seperti diare maupun yang rutin dikonsumsi, di antaranya hipertensi, gula, dan jantung.
Dia mengatakan ada kecenderungan penyakit pada masa Lebaran ini akan muncul, seperti hipertensi maupun naiknya kadar gula dalam darah.

"Mungkin karena pengaruh 'lifestyle'. Selama Lebaran mungkin lupa atau lalai dengan aturan-aturan, makan minum yang berlebihan," ungkap Helena.

Pihaknya juga mengingatkan tentang cuaca yang tengah ekstrem saat ini, terkadang bisa panas dan bisa juga turun hujan.

Dia juga mengingatkan warga Kota Medan tetap mengonsumsi air putih, terutama dalam kondisi cuaca panas.

"Hindari berpergian paling tidak pukul 11.00 WIB sampai 16.00 WIB, karena itu kan panasnya luar biasa. Kalau memang ada gejala yang tidak bisa diatasi, segera berkunjung ke pelayanan kesehatan," katanya.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023