Pengurus National Paralympic Committe (NPC) Kabupaten Deliserdang menargetkan menjadi juara umum di ajang Pekan Paralimpik Provinsi (Peparprov) Sumatera Utara yang akan dilaksanakan, 10 hingga 14 Mei 2023.

Sekretaris NPC Kabupaten Deliserdang, Sofyan, di Medan, Selasa, mengatakan banyak atlet berasal dari daerahnya yang masuk ke dalam pemusatan Pelatihan Nasional (Pelatnas).

"Untuk target di Peparprov Sumut 2023, berusaha untuk bisa juara umum. Memang, atlet-atlet pelatnas itu banyak tercipta dari atlet-atlet NPC Kabupaten Deliserdang," ujar Sofyan.

Sofyan menjelaskan, pihaknya akan mengandalkan para atlet yang masuk ke dalam kategori non elit. Artinya, para atlet yang direkrut dari sekolah luar biasa (SLB) dan sekolah umum.

"Jadi kami tim elit, tim elit itu yang tim nasional dan pelatnas internasional cuma diberikan bermain untuk satu nomor di Peparprov. Jadi kami mengandalkan atlet yang non elit yang betul-betul kami pantau dan lihat latihannya," katanya.
Dalam Peparprov Sumut 2023, kata Sofyan, akan menurunkan 80 atlet yang didukung 20 orang official dan tim pembantu. Hal itu dilakukan, karena pihaknya serius untuk meraih target juara umum di ajang tersebut.

"Kita kemarin juara 2, karena Medan yang juara umumnya. Kekuatan kita sekitar 100 orang dengan perincian 80 orang atlet. Ada juga 20 orang ofisial didukung pelatih dan staf, tim pembantu dan lainnya," katanya.

Pengurus Provinsi (Pengprov) National Paralympic Commiittee (NPC) Sumatera Utara akan menggelar menggelar Pekan Paralimpik Provinsi (Peparprov) Sumut II, yang akan mempertandingkan 12 cabag olahraga, pada 10 hingga 14 Mei 2023.

"Sesuai dengan hasil rapat kemarin bahwa ada beberapa program kerja kegiatan yang akan kita laksanakan tahun ini. Pertama, kita akan laksanakan Peparprov kedua. Di situ ajang rekrutmen atlet menuju Peparnas dan juga Peparpenas," ujar Ketua NPC Sumut, Alan Sastra Ginting.

 

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023