Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H.Dolly Pasaribu, SPt MM menyerahkan satu ekor kerbau kepada Induk Alumni Pelajar Sipirok (IKAPSI) di Alun-alun Tapsel di Pasar Sipirok.

"Ini bentuk tingginya perhatian kita kepada IKAPSI yang peduli kampung halaman," Bupati Tapsel Dolly P. Pasaribu dalam keterangan diterima, Minggu (23/4).

Pengurus dan anggota IKAPSI seluruh Indonesia/manapun berada pada momen Idul Fitri 1444 Hijriah/Tahun 2023 bersama-sama pulang kampung (istilah rap mulak tu huta) atau menghidupkan kembali program masa Gubernur Alm.Radja Inal Siregar yakni "Marsipature Hutana Be (Martabe)".

"Karenanya kita sangat mengapresiasi. Sebab tidak hanya halal bihalal, IKAPSI - Pemkab Tapsel selama bulan Ramadhan sudah menggelar "poken parbuko" atau pasar Ramadhan, di Alun-alun Tapsel untuk mendongkrak ekonomi masyarakat (UMKM)," sebut Bupati.

IKAPSI, menurut Bupati, tidak lepas merupakan motor penggerak utama agar wajah Sipirok berubah. Hal itu sejalan obsesi Pemkab Tapsel agar Sipirok selaku Ibukota Tapsel dapat lebih maju dari sebelum-sebelumnya.

"Sehingga kami (Pemkab Tapsel) merasa senang kehadiran IKAPSI, bagian daripada mitra pemerintah yang memiliki visi sama  dalam rangka  mendukung dan memajukan bumi "dalihan natolu" Tapsel khususnya Sipirok," katanya.

Selain meningkatkan silaturahmi dan sinergitas, kiranya melalui acara "rap mulak tu huta" dan semangat "Martabe" ini, seluruh perantau asal Sipirok yang bergabung di IKAPSI dimanapun berada dapat memberikan sumbangsih pemikiran pun dorongan demi Tapsel yang sehat, cerdas, dan sejahtera.

Ketua Umum IKAPSI Raja Parlindungan Pane, mengatakan bahwa pihaknya dalam halalbihalal dirangkai acara "marhorja" atau pesta adat dengan mengundang Bupati dan  Kapolres Tapsel, serta pemangku adat dan masyarakat Sipirok.

"Dalam 'marhorja' kita akan menyembelih dua ekor kerbau (satu ekor pemberian Bupati Tapsel Dolly P.Pasarihu, dan satu ekor lainnya dari Parluatan Siregar," kata Raja.

Kegiatan tersebut, lanjut Raja, selain membangun silaturahmi dan melepas rindu akan kampung halaman serta sanak famili dan handai tolan, juga membantu peningkatan UMKN masyarakat Sipirok.

"Terima kasih kepada Pak Bupati Tapsel Dolly Pasaribu dan Pak Parluatan serta para sponsor yang telah mendukung demi suksesnya acara halal bihalal IKAPSI 'rap mulak tu huta' yang puncaknya pada 24 - 25 April 2023," kata Raja.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023