Sekitar 1.000 orang lebih warga Muhammadiyah di Kecamatan Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara, menggelar Shalat Ied (Idul Fitri) 1444 Hijriah hingga meluber ke jalan raya.
 
Para jamaah Masjid Taqwa Muhammadiyah Gedung Johor, terutama kaum lelaki, baik muda maupun tua, duduk mendengarkan khutbah Idul Fitri di Jalan Eka Warni, Medan, Jumat (21/4).
 
"Memang sudah kami perkirakan dari awal. Umumnya warga di sini Lebaran hari Sabtu (22/4), tapi Muhammadiyah hari Jumat. Jadi sudah umum seperti itu," kata Sekretaris Ranting Muhammadiyah Gedung Johor Indarmin Lubis.
 
Akibat perbedaan Idul Fitri itu, lanjut dia, masyarakat terutama yang bukan warga Muhammadiyah ikut merayakan Lebaran bersama organisasi Islam di Indonesia ini.
 
Untuk pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1444 Hijriah digelar di halaman Masjid Taqwa Muhammadiyah Gedung Johor, Jalan Eka Warni sesuai jadwal pukul 7.30 WIB dengan Imam Ustaz H Burhanuddin, M.Ag.
 
Sedangkan Khatib Sholat Idul Fitri Dr Dahnil Anzar Simanjuntak yang merupakan mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah periode 2014 - 2018.
 
"Khatibnya mengangkat tema mengenai perbedaan pelaksanaan Idul Fitri. Jadi dia bilang supaya itu tidak menjadi persoalan, karena perbedaan tersebut umumnya biasa saja," tutur Indarmin.
 
Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Medan sebelumnya menyebut Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah digelar di 54 lokasi di Medan, Jumat (21/4).
 
"Kami dari Majlis Tabligh PDM Kota Medan mengimbau kepada warga persyarikatan dan kaum muslimin mendatangi tempat Shalat Ied sembari mengucap syukur atas nikmat Allah. Memperbanyak takbir, tahmid, dan tahlil sebagai bentuk kehambaan kita terhadap Allah," ucap Ketua Majelis Tabligh PDM Kota Medan Tanwir Tarigan.
 
Ia mengatakan, menyikapi perbedaan yang terjadi pada Lebaran 2023 ini, pihaknya mengimbau supaya tetap saling menghormati dengan penuh toleransi Islamiyah.
 
"Utamakan fasilitas organisasi demi menghindari kesalahpahaman. Bagi kita yang sudah Lebaran Jumat ini, tetap menghormati mereka yang masih puasa. Semoga Idul fitri kali ini membawa keberkahan bagi kita semua," ucapnya.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023