Pemprov Sumatera Utara membangun stadion di dataran tinggi Siosar, Kabupaten Karo yang akan digunakan sebagai lokasi traning camp (TC) atlet Sumatera Utara yang dipersiapkan menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024.

"Stadion itu memang untuk TC atlet Pelatda PON 2024. Rencananya TC akan dilaksanakan mulai awal 2024. Jadi akhir 2023 ini bakal rampung dibangun," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumatera Utara, H Baharuddin Siagian di Medan, Rabu.

Baharuddin menjelaskan, Stadion Siosar dari awal memang diperuntukkan untuk TC atlet, bukan untuk venue PON 2024. Di stadion tersebut dibangun lapangan sepak bola, lintasan atletik, dan mess atlet.

"Jadi di sana ada lapangan, lintasan atletik, dan wisma atlet," ungkapnya.

Pria yang akrab dipanggil Bahar itu mengakui Stadion Siosar belum rampung 100 persen. Masih akan dilakukan finishing pada tahun 2023.
"Untuk lapangan sudah hampir rampung. Lintasan atletik juga sudah ada, tinggal pemasangan tartan," paparnya.

Tartan atletik sendiri cukup mahal. Bahar menyebut pemasangan tartan di lintasan atletik Siosar itu membutuhkan biaya hingga Rp18 miliar.

"Untuk tartan atletik, akan kita pikirkan di masa mendatang. Untuk jangka pendek, kita ingin Stadion Siosar itu bisa jadi tempat TC atlet PON 2024," ungkapnya.

Sedangkan untuk wisma atlet, pembangunan sudah mencapai 90 persen dan tinggal penyempurnaan saja.

"Untuk lantai dua belum ada keramik, plafon juga belum. Listrik, air, drainase juga belum ada. Selain itu, meubelair (perabotannya) juga belum ada," ungkapnya.

Bahar menyebutkan, pembelian meubelairnya seperti tempat tidur, meja, lemari dan lainnya akan dilakukan pada tahun ini dengan menggunakan e-katalog.

"Di P-APBD 2023 akan dilakukan penyempurnaan wisma atlet dengan biaya Rp3 miliar. Pembelian menggunakan e-katalog. Artinya pembelian akan dilakukan transparan," tegasnya.

Pembangunan Stadion Siosar itu menggunakan anggaran sebesar Rp33 miliar dengan rincian Rp11 miliar untuk lapangan dan lintasan atletik serta Rp22 miliar untuk wisma atlet.

"Jadi anggaran sebesar Rp33 miliar itu untuk keseluruhan, bukan hanya stadion saja. Kami berharap dengan melakukan TC di Siosar, kemampuan atlet Sumut semakin meningkat. Sebab keberadaan Stadion Siosar di dataran tinggi akan membantu menambah VO2max atlet," katanya.
 

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023